Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Ilmu Fisika


Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Ilmu Fisika

Fisika adalah ilmu dasar tentang alam semesta terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Fisika berkaitn dengan penjelasan suatu peristiwa ilmiah yang terjadi ketika suatu materi berinteraksi dengan materi lain dari partikel subatom hingga galaksi di luar angkasa. Namun, sayangnya fisika selama ini dianggap sebagai hal yang menakutkan dan sering dihindari sebagian besar karena mereka berparadigma bahwa fisika itu sulit dan menakutkan.

Akan tetapi jika kita memiliki kemauan untuk mempelajari fisika, ternyata fisika itu menyenangkan dan memiliki manfaat yang sangat baik yaitu sebagai berikut:

1. Melatih Pemikiran yang Logis

Mempelajari fisika secara tidak langsung dapat melatih cara berpikir logis dan sistematis karena didasarkan pada fakta kehidupan sehari-hari seperti percepatan mobil, gaya gravitasi yang bekerja pada apel yang jatur, proses transfer energi listrik ke laptop. Memahami konsep dan fakta fisika yang unik membuat kita terbiasa berpikir berdasarkan logika.

2. Memahami Fenomena Alam

Fisika juga membantu kita untuk memprediksi peristiwa alam yang penting bagi peradaban manusia. Kita akan memahami bagaimana dunia bekerja dari mekanika kuantum, struktur atom hingga astrofisika, yang akan membawa manfaat untuk memahami fenomena alam.

3. Relevan dengan Bidang Ilmu Lainnya

Fisika adalah ilmu dasar dalam pengembangan ilmu-ilmu di bidang lain, seperti di bidang teknik, kedokteran, rekayasa teknologi dan lain sebagainya. Misalnya mahasiswa kedokteran perlu memahami bagaimana darah dan udara mengalir dalam tubuh melalui konsep tekanan, kecepatan aliran dan perubahan resistensi terhadap aliran, selain itu, di bidang teknik khususnya pada pembuatan pembangkit listrik tenaga air, angin, surya, mikro hidro maka perlu dipahami konsep tentang listrik statis maupun dinamis, perilaku muatan, kemagnetan bahan, dan lain-lain. Jika Anda memahami fisika, akan mudah bagi Anda untuk menerapkannya dalam bidang sains lainnya.

4. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi sering didasarkan pada penemuan dalam fisika atau improvisasi dasarnya berasal dari fisika. Perkembangan ilmu pembuatan roket, nuklir, astronomi, generator, LED (Light Emetting Dioda) dan sebagainya yang telah diterapkan dari pengembangan fisika. Memahami fisika akan memudahkan kita untuk memahami teknologi terbaru.

5. Terlihat Pintar

Orang yang pandai fisika identik dengan orang pintar. Anda akan mendapatkan julukan Einstein ketika Anda memahami fisika. Selain manfaat sains, Anda juga akan memiliki lebih banyak kebanggaan. Ketika di kelas, maka anda akan dikerumuni oleh teman-teman kalian untuk belajar fisika, karena pelajaran fisika memang susah untuk dipahami. Selain itu, kita dapat membuka kursus ataupun jadi tentor private, sehingga tentunya dapat memberikan kalian penghasilan.

Bagi kalian yang ingin mengetahui tentang ilmu fisika lebih dalam, mengetahui berita atau informasi perkembangan ilmu fisika hingga sampai saat ini maka kunjungi thinksphysics.com. Selain itu, didalamnya berisi buku-buku fisika mulai dari jenjang SMA hingga Pasca Sarjana, sehingga dapat menjadi wadah literasi kalian yang ingin belajar ilmu fisika. Tidak hanya itu, bagi yang mendalami ilmu fisika material. Thinksphysics.com juga menawarkan tutorial-tutorial penggunaan software yang berkaitan dengan ilmu fisika material seperti aplikasi Match!, Diamond, Origin, Rietica, dan lain-lain.

3 Comments: Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Ilmu Fisika

  1. Fisika sempat menjadi pelajaran favorit saya waktu sekolah dulu, tapi tidak begitu mendalami soalnya saya sekolah di SMK :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal kalau SMK tapi jurusan Teknik tetap aja belajar fisika. Hehehe.

      Delete
  2. Dari SMA sampe kuliah saya masuk jurusan ini, tapi anak2 saya gak ada yang minat :(

    ReplyDelete