January 3, 2019

Thank You, Next


Mumpung masih dalam suasana pergantian tahun, ada yang kurang rasanya kalau tidak memulai tulisan ini dengan ucapan “HAPPY NEW YEAR”. Semoga tahun baru kalian seru, bukan malah dihabiskan dengan berdebat di media sosial tentang bagaiama hukum merayakan tahun baru.

Di tulisan ini saya tidak akan menggunakan kalimat-kalimat klise seperti “tidak terasa sudah memasuki tahun 2019 aja”. Intinya setahun kemarin telah dilalui dengan baik dan penuh pembelajaran dan tahun ini, ah... Saya tidak akan menuliskan banyak tentang resolusi, apalagi sampai buat list resolusi tahun 2019. Saya cuma mau melakukan hal yang bermanfaat bagi diri saya dan orang-orang di sekitar saya. Biarkan kejutan-kejutan itu datang dari Tuhan dengan sendirinya. Sesederhana itu.

Satu-satunya resolusi saya di tahun ini dan saya pastikan menjadi resolusi sejuta umat mahasiswa angkatan 2015, yaitu wisuda. Ya, bulan depan sudah masuk semester terakhir, mau tidak mau saya harus ngebut biar tidak jadi bahan ghibah tetangga atau jadi bahan perbandingan sama anak tetangga.

Tahun 2019 ini mungkin akan jadi tahun yang berat. Harus dilalui dengan lebih berani untuk mengambil keputusan. Hal paling sederhana mulai memberanikan diri menjauhi teman-teman yang toxic. Kalau memang sudah tidak pantas untuk ditemani, tinggalkan saja. Rasa tidak enakan cuma akan membunuhmu secara perlahan. Apalagi kalau cuma di media sosial, langsung blokir aja. Fitur blokir disediakan buat kalian yang muak berurusan dengan orang-orang toxic di media sosial.

Terima kasih tahun 2018 dan semua orang-orang yang telah mengambil peran di dalamnya. Terima kasih atas semua pelajarannya. Sebelum memulai tahun yang baru ini, hal-hal yang perlu diikhlaskan mungkin sebaiknya diikhlaskan saja.

Selanjutnya, mari jalani tahun ini dengan sederhana. Tanpa perlu banyak resolusi yang pada akhirnya nanti di akhir tahun membuat kita merasa gagal. Cukup lakukan yang terbaik, serahkan semuanya pada Tuhan, karena saya yakin Dia maha segalanya atas semua rencana-rencana kita. Percaya akan sebuah keajaiban dan tunggu sampai ia datang. Dan, salah satunya keajaiban yang masih saya yakini sampai sekarang, adalah memilikimu (iya, kamu yang telah mengambil peran utama di beberapa bulan terakhir tahun kemarin).

32 comments:

  1. Happy New Year also :)

    Yups, aku juga sependapat untuk menjauhi orang-orang yang tak baik kepribadiannya.
    Cuma jadi toxic dalam hidup kita.
    Kalau ngga dijauhin, yang ada cuma gerogotin pikiran, bikin kesel dan malah nambah dosa buat diri kita karena kita jadi terpancing emosinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, daripada cuma bikin pusing saja. Masa depan kan juga tergantung dari circle pertemanan kita sekarang ini.

      Delete
    2. Betul, mas.
      Daripada berurusan sama orang-orang tak baik kepribadiannya, jauh lebih baik cari cara nyamannya buat diri kita sendiri untuk masa sekarang dan masa nanti.

      Semangat, mas :)

      Delete
  2. Selamat memasuki 2019. Semoga bisa segera wisuda dan menyandang gelar sarjana.

    ReplyDelete
  3. pokoknya harus berdoaka yang baik ada fisekitar kita, yang nggak jauh jauhlah. Hmmm selamat memasuki tahun 2019 yah kak.

    ReplyDelete
  4. Baru baca judulnya, kirain mau bahas lagu barunya Ariana Grande, hahah...

    Selamat tajun baru, Muchsin. Semoga makin sukses di 2019.

    ReplyDelete
  5. Semoga apa yang menjadi satu2x resolusi tahun ini segera di ijabah ya. Saya Aamiinkan, semua yg terbaik di 2019

    Reply

    ReplyDelete
  6. Saya ikut mendoakan ya semiga tahun ini bisa tercapai resolusi 2019 nya, bisa wisuda.

    ReplyDelete
  7. Semoga harapan-harapan dan cita-citanya bisa segera terwujud di tahun ini. Tidak ada perjuangan yang sia-sia.

    ReplyDelete
  8. Semoga dilancarkan segalanya kak dan bisa segera wisuda. Saya malah mau banget kuliah, eh 😅

    ReplyDelete
  9. Semoga bisa wisuda tahun ini yaaaaa.. Aamiin.. btw, saya banget tuh yang resolusinya kebanyakan ga terealisasi.. sekarang mah let it flow ajaa

    ReplyDelete
  10. Happy new year..Semoga bisa di wisuda tahun 2019 ..hopefully this year will be better than last year. .Tetap semangat, bro..

    ReplyDelete
  11. Saya doakan semoga cepat lulus dan wisuda aamiin. Habis itu dapat kerja, dan segera menikah. Hehe.

    ReplyDelete
  12. Salah satu tips hidup bahagia memang menyingkiran racun dalam kehidupan, temasuk racun dalam bentuk manusia XD. Semoga terwujud segala cita-citanya, cepat lulus lulus dan wisuda juga segera menikah, aamiin

    ReplyDelete
  13. Selamat tahun baru 😊. Betul banget menyingkirkan racun dari kehidupan kita itu adalah salah satu kunci kebahagiaan dan tetap waras.

    ReplyDelete
  14. Setuju, Saya juga lagi menerapkan itu di online maupun offline, yang toxic disingkirkan saja nda Ada manfaatnya buat ke depannya.

    ReplyDelete
  15. keajaiban untuk memilikinya aseyeggggg pokoknya permantap saja semua nya dulu, lahir batin finansial dan lain sebagainya baru menghadap, insyaAllah dilancarkan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asek asek jos. :D

      Iya kak, doakan saja. Aamiin.

      Delete