December 15, 2018

RIlis: YouTube Rewind Indonesia 2018 - Rise

Sekitar seminggu yang lalu, saya sempat menuliskan tentang YouTube Rewind 2018: Everyone Controls dan pada hari ini kebetulan YouTube Rewind Indonesia 2018 resmi dirilis, dan saya akan kembali menuliskan tentang itu. Jujur saja saya bukan youtuber, tapi sebagai penikmat konten dari para youtuber yang sudah lama, saya akan menuliskan opini saya terkait hal ini.

YouTube Rewind Indonesia 2018 - Rise

Di tahun kemarin, YouTube Rewind tidak dibuat entah apa masalahnya. Itu menimbulkan banyak pertanyaan dari para netizen tentunya. Tapi di tahun ini, YouTube Rewind digarap dengan sangat profesional. Mulai dari cinematography dan transisi yang sangat keren. Walaupun ada beberapa hal yang membuat saya sedikit kecewa. Nanti diakhir postingan akan saya bahas.

YouTube Rewind Indonesia 2018 - Rise dibuka oleh Youtuber yang memiliki subscriber paling banyak di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Atta Halilintar. Dengan subscriber lebih dari 7 juta yang pasti saya bukan salah satu diantaranya. Saya masih kurang suka saja sama konten-konten yang dibuatnya.

YouTube Rewind Indonesia 2018 - Rise
Atta Halilintar di YouTube Rewind Indonesia 2018 - Rise
Terus, yang membuat saya sedikit kaget di scene Atta Halilintar adalah munculnya bocah Tiktok yang kemarin menuai kontroversi. Tanpa disebutkan namanya kalian juga pasti tahu kalau dia adalah Bowo. Eh, bukan Prabowo Subianto ya, tapi Bowo Alpenliebe. Entah saya yang kudet atau bagaimana, setahu saya Bowo ini kan bukan Youtuber, tapi kok diajak YouTube Rewind? Iya, dia punya channel YouTube, tapi kontennya Tiktok semua. Kalau Tiktok Rewind Indonesia 2018 sih saya setuju-setuju aja.

Ini kasusnya sama kayak di YouTube Rewind Global dimana muncul nama Ninja yang dimana dia lebih dikenal sebagai streamer di Twitch. Iya, dia punya channel YouTube, tapi kontennya itu cuma konten dari Twitch yang dipindahkan ke channel YouTube miliknya.

Di sepanjang video YouTube Rewind Indonesia 2018 ini ada begitu banyak nama-nama baru yang muncul, rata-rata mereka pun Youtuber Gaming. Apa mungkin karena para penggagas YouTube Rewind 2018 ini para Youtuber Gaming? Yaiyalah. Hehehe...

Ria Ricis, Raditya Dika dan Young Lex di YouTube Rewind Indonesia 2018 - Rise
Sepanjang saya nonton YouTube Rewind ini, satu orang yang saya cari-cari kok gak ada. Sebagai director harusnya durasi 8 menitan di awal dia ada dong, harusnya scenenya paling banyak dong. Tapi kok ini gak ada. Sampai pada closing akhirnya si pamakan jem*ut ini muncul juga, eh maksudnya Ericko Lim.

Ericko Lim dan Tim di YouTube Rewind Indonesia 2018 - Rise
Nah, sampai juga di akhir postingan. Kan tadi di awal saya sudah mengatakan kalau saya akan menuliskan hal yang membuat saya kecewa, okelah. Hal yang membuat saya kecewa sebenarnya tidak terlalu banyak. Sama seperti halnya YouTube Rewind Global tanpa Pewdiepie, YouTube Rewind Indonesia tampak aneh tanpa mereka yang dulu sering saya tonton. Mereka yang menjadi pelopor munculnya Youtuber-youtuber Indonesia. Diantaranya Reza Arap, Chandra Liow, Benakribo, Kevin Anggara, Edho Zell, Bayu Skak, Eka Gustiwana dan masih banyak lagi. Iya, saya tahu YouTuber Indonesia sekarang sudah terbagi-bagi ke beberapa kubu dan begitu banyak drama. Itu hal yang normal sebenarnya. Tanpa kubu ini juga gak bakal ada yang namanya YouTube Rewind Indonesia 2018.

Jadi, menurut kalian gimana? YouTube Rewind Indonesia 2018 ini bagus atau jelek? Apakah dislikenya akan sama halnya dengan YouTube Rewind Global? Silahkan komen di kolom bawah. Eh, ngomong-ngomong tadi Radith bilang kalau akan ada YouTube Rewind tandingan? Apakah benar?

No comments:

Post a Comment