November 24, 2018

Uninstall Mobile Legends Demi Kesehatan Jiwa



Setelah hampir setahun lamanya saya bermain game Mobile Legends, dengan total pertandingan lebih 2500 match, beberapa minggu kemarin akhirnya saya bisa terbebas dari belenggu game moba analog tersebut. Game tersebut saya rasa membuat esensi game yang sebenarnya sebagai sarana hiburan menjadi kehilangan arti yang sebenarnya. Bukannya menghibur, yang ada malah membuat kita jadi kehilangan akal sehat.

Secara statistik Mobile Legends bisa dikatakan game terpopuler versi Play Store. Dengan total download lebih dari 100.000.000 orang (sebuah angka yang sangat fantastis) tidak menjadikan game ini sebagai game terbaik. Ya, menurut saya!

Dengan pengguna lebih dari 100.000.000 orang, game tersebut dipenuhi toxic people, super toxic player! Selama permainan hanya bisa membebani teman satu tim dan benar-benar bikin geleng-geleng kepala. Belum lagi kalau selama permainan berlangsung toxic player ini cuma bisa bacot, bahkan jadi feeder bagi teman satu tim. Auto report! Ya walaupun saya rasa fitur report ini tidak begitu efektif sebenarnya.

Toxic player ini bermacam-macam kelakuannya, mulai dari yang egois pas pilih hero, AFK saat pertandingan berlangsung, lag karena jaringan jelek, buta map, beli item sembarangan, modal bacot skill tidak ada, asal main tidak pake strategi dan masih banyak lagi. Jika ketemu dengan salah satu orang seperti itu, ingin sekali saya menjadi Gord dan saya ulti mukanya satu per satu.


Eh, sebelumnya jangan mengatakan saya bermain Mobile Legends karena saya menyerah, saya sudah pernah mencapai tier tertinggi di game tersebut yaitu Mythic. Jadi saya bukan player yang berhenti karena seleksi alam. Kalau ditanya saya akan bermain Mobile Legends kembali atau tidak, jawaban saya mungkin iya mungkin tidak. Tergantung situasi dan kondisi.

Hampir sebulan ini saya berhenti bermain Mobile Legends, hidup saya terasa jauh lebih baik. Saran saya, jika kamu bukan pro player atau lingkunganmu tidak mendukung untuk membuatmu berkembang jadi seorang gamer, uninstall Mobile Legends sekarang juga. Kalau dikatakan sebagai pengisi waktu luang, Mobile Legends cuma membuang-buang waktumu. Ada banyak hal yang jauh lebih baik untuk kamu lakukan.

No comments:

Post a Comment