November 28, 2018

Kenapa Free Fire Sering Disconnet (DC) dan Apa Solusinya?


Beberapa hari terakhir ini saya seringkali mengalami gangguan saat bermain Free Fire, hasilnya sangat merugikan. Teman-teman di grup WhatsApp Free Fire saya rata-rata juga mengalami hal yang sama. Ada yang sebagian mengatakan penyebabnya karena masalah server gamenya, sebagian lagi mengatakan penyebabnya karena masalah jaringan. Bagaimana pun juga kalau Garena ingin Free Fire tidak kehilangan pemain, ia harus memperbaiki masalah tersebut.

Sangat tidak seru ketika sedang bermain tiba-tiba teman satu tim atau kita hilang entah kemana alias disconnect (DC). Penyebab tidak lain dikarenakan Request Time Out (RTO). Sedikit informasi bahwa Request Time Out adalah sebuah kondisi dimana koneksi internet kalian terhubung tapi client gagal menerima data dari server. Biasanya terjadi saat baru mau masuk ke arena pertemuran dan ada juga yang pas di arena pertempuran ping-nya berubah menjadi merah (+999) dan tidak lama kemudian keluar dengan sendirinya.

Dari tulisan saya di atas mungkin sudah terjawab bahwa penyebab disconnect (DC) itu dikarenakan masalah jaringan. Asal kalian tahu, provider yang saya gunakan adalah Telkomsel (sebut aja ah). Teman-teman di grup WhatsApp yang sering mengalami disconnect ternyata menggunakan provider yang sama. Nah! Naaaaaaaah! Naaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah!

Karakterku kek gak pake celana, njir!
Masalah lain selain disconnect adalah seperti pada gambar diatas, tertulis "Reading game info, please wait". Ditunggu sampai Upin & Ipin nikah juga tidak akan bisa. Solusinya keluar aplikasinya dulu terus masuk kembali. Jika masih tetap seperti itu tetap sabar  dan ulang terus menerus. Saran saya sebelum bermain cek ping kalian terlibih dahulu dengan cara masuk website ini http://ping-test.net/. Ping yang lancar adalah ping yang dibawah 150ms. Jika angka yang muncul lebih dari 150ms, siap-siap saja mengalami masalah tersebut. Saya baru mencoba mengecek melalui handphone dan hasilnya 486ms. Parah sih!

Buat yang pingnya tinggi tapi tetap maksain main, terus ngomel pas sering disconnect (DC) mending main game offline aja sana. Game seperti Ludo King, Pou, Talking Tom saya rasa cocok untuk kalian mainkan. Main game online pasti ada resikonya, dan kalian harus paham tentang itu.

Lagi pula saya main Free Fire cuma buat have fun aja, bukan seru karena tembak-tembakannya, tapi seru pas ngobrol voice chat bercandaan sama teman. Buktinya konten Channel YouTube milik MILYHYA, sumpah dia bermain gak jago-jago amat, tapi pas dengar mereka ngobrol, ngakak parah!

Eh, sedikit pesan buat player PUBG yang sering ngatain kalau game Free Fire itu game bocah,  itu semua tergantung selera dan mana yang dirasa lebih nyaman bro. Seharusnya sesama player game harus respect-lah. Saya bermain Free Fire juga sudah lama, ini tulisan saya dulu pas awal-awal main: Benarkah Free Fire Lebih Populer Dibanding Mobile Legends? Silahkan dibaca.

No comments:

Post a Comment