September 29, 2018

Just Be Your Self


Butuh waktu yang lama untuk menulis seperti ini lagi. Bisa dikatakan ini tahun dimana saya sudah tidak begitu produktif dalam menghasilkan tulisan. Beberapa bulan belakangan ini, terkadang saya hanya sempat membuat satu tulisan di setiap bulannya. Alasannya kenapa? Padahal saya selalu mencoba untuk lebih produktif. Hadeh~

Mungkin saya hanya sedikit bingung dengan diri saya sendiri. Usia saya yang semakin hari semakin bertambah malah membuat saya semakin berfikir yang aneh-aneh tiap membuat tulisan. "Masa tulisan kamu begitu-begitu saja, sampai sekarang masih saja nyampah", kurang lebih seperti itu.

Saya tidak mungkin jadi Mukhsin seperti di tahun 2015, yang menulis tulisan-tulisan puitis kepada seseorang yang saya kagumi. Atau jadi Mukhsin ditahun-tahun kemarin yang menulis tulisan yang lebih absurd lagi. Faktor yang menjadi penyebab itu semua tentu saja banyak, mulai dari bahan bacaan, rutinitas dan lingkaran pertemanan.

Orang-orang yang dulunya menjadi inspirator saya dalam ngeblog pun telah berubah, atau lebih tepatnya dikatakan mereka telah bermetamorfosis. Beranjak dari kehidupan yang mungkin bisa dikatakan alay menjadi lebih dewasa. Saya pun berfikir bahwa saya juga membutuhkan itu, saya perlu bermetamorfosis. Ya, sudah saatnya.

****
Saya sejenak berhenti, memikirkan kembali apa yang telah saya tulis di empat paragraf pertama di atas. Membacanya berulang-ulang membuat saya semakin bingung, akan jadi apa saya kedepannya? Apakah gaya penulisan saya yang telah melekat selama beberapa tahun akan berubah? Apakah saya akan tetap ngeblog?

Ya, orang-orang mungkin sudah tahu bahwa gaya penulisan saya itu menggunakan bahasa yang ringan, lalu ditambahkan sedikit komedi receh. Itu yang telah melekat dalam diri saya. Setelah saya mencoba memikirkan ulang, bagi saya bermetamorfosis itu perlu, tapi untuk menjadi orang lain itu tidak mungkin. Saya akan tetap akan jadi Mukhsin, orang yang suka dengan hal-hal tolol.

Ya, sampai saat ini saya masih menyukai hal-hal tolol, dan mungkin selamanya.


Break the rules! Just be your self! Don't limit your content, and share what you want!
Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya, yang mungkin akan saya posting satu bulan ke depan. See ya! Hahaha.

No comments:

Post a Comment