January 4, 2018

5 Tempat Wisata Malam di Solo yang Akan Membuat Malammu Semakin Menyenangkan

Sumber: joglosemar
Tak kalah dengan Yogyakarta, Solo juga memiliki beragam tempat wisata yang asik untuk dikunjungi saat akhir pekan atau liburan panjang. Ada Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pura Mangkunegaraan, Kampoeng Batik Kauman, Air Terjun Jumog, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, saat malam hari, kota ini juga memiliki berbagai pilihan destinasi yang akan membuat malammu semakin menyenangkan.

Mau tahu apa saja tempat wisata malam di Solo yang bisa kamu kunjungi? Yuk, simak ulasan  selengkapnya berikut ini!

1. Alun-Alun Kidul Kota Surakarta

Berlokasi di belakang Keraton Kasultanan Solo, Alun-Alun Kidul menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Solo ataupun wisatawan dari luar untuk menghabiskan malam hari.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati aneka sajian kuliner seperti wedang ronde, wedang angsle, bakso bakar, jagung bakar, siomay, kerak talor, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, sejumlah permainan anak-anak juga tersedia di Alun-Alun Kidul. Mulai dari becak lampu, kereta mini, odong-odong, mandi bola, hingga rumah balon.

2. Ngarsopuro Night Market


Tempat wisata malam berikutnya yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Solo adalah Ngarsopuro Night Market, yang berlokasi di Jalan Diponegoro (Mangkunegaraan), Surakarta. Pasar ini hanya diselenggarakan pada malam hari di hari Sabtu dan Minggu saja, tepatnya mulai pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Barang yang dijual di antaranya ada benda-benda kerajinan, pernak-pernik, oleh-oleh, suvenir, hingga aneka makanan dan minuman khas Solo. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa menikmati hiburan live music dan performance art yang dibawakan oleh para seniman Solo. Menyenangkan, bukan?

3. Gladag Langen Bogan (Galabo)

Gladag Langen Bogan atau yang sering dikenal sebagai Galabo merupakan tempat kuliner malam yang berada di sebelah timur Bundaran Gladag, tepatnya di Jalan Mayor Sunaryo, Surakarta. Tempat ini sebenarnya merupakan jalan umum, namun selepas jam 5 sore disulap menjadi warung kecil-kecil yang menawarkan aneka makanan dan minuman.

Beberapa sajian kuliner yang bisa kamu jumpai di Galabo di antaranya ada Hidangan Istimewa Kampung (HIK), timlo, gudeg, tempe gembus, sate kere, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Omah Lawas

Selain Galabo, Omah Lawas juga bisa menjadi alternatif lain untuk menikmati wisata kuliner Solo di malam hari. Dengan konsep angkringan modern, restoran ini menyajikan aneka pilihan makanan seperti nasi kucing, nasi oseng lombok ijo, nasi gudeg, nasi bonaga, sate usus, sate telur puyuh, dan lain sebagainya. Lokasi restoran ini berada di Jalan Dokter Soepomo No. 55, Turisari, Banjarsari, Solo, dan buka setiap hari mulai pukul 17.00 sampai 23.00 WIB.

5. Plaza Sriwedari Solo

Saat berkunjung ke Solo, tentu kurang lengkap rasanya jika kamu belum melihat secara langsung kebudayaannya khas. Salah satu tempat wisata malam hari yang bisa kamu kunjungi untuk melihat aneka pertunjukan berbau budaya Jawa adalah Plaza Sriwedari Solo, yang berlokasi di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Rentetan pertunjukan hiburan selalu diselenggarakan di tempat ini. Mulai dari pertunjukan wayang, teater, tari, musik, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tempat wisata malam hari yang bisa kamu kunjungi saat berada di Solo. Jika mencari tiket pesawat murah untuk berlibur ke kota Solo, kamu tidak perlu bingung, karena Airy tiket pesawat dapat menjadi pilihan yang ramah di kantong. Airy merupakan ecommerce penyedia tiket pesawat lion air dan maskapai lainnya di Indonesia saat ini. Pemesanannya pun praktis dan mudah karena bisa dilakukan melalui website, mobile site, maupun aplikasi Airy. Pokoknya serba mudah deh.

Jadi sudah punya rencana saat untuk liburan Natal nanti? Yuk segera rencanakan liburanmu mulai dari sekarang!

6 comments:

  1. Kalau malam-malam di Solo, asyik ya mengunjungi tempat-tempat ini.

    ReplyDelete
  2. Wah bole jg ni kalo ke Solo lg. Aku prnah kesana kok sepi2 gt. Ujung2nya ke Jogja lg aja hahaha

    ReplyDelete
  3. entah berapa puluh kali lewat solo tapi cuma lewat, banter2 cuma numpang beli makan hahaha masih kurang banyak info wisatanya ya. thanks for sharing

    ReplyDelete