January 2, 2018

Tips Memulai Awal Tahun


Sebelumnya saya ingin mengucapkan Happy New Year kepada semua teman-teman. Perayaan tahun baru kemarin pasti sangat seru ya? Atau teman-teman malah menghabiskan waktu macet-macetan di jalan? Atau yang lebih parah hanya menyendiri di kamar sambil melihat status-status teman-temanmu yang sudah saling adu pamer? Tak apalah, yang paling utama sebenarnya di tiap tahun baru adalah keinginan untuk terus grow up. 


Postingan kali ini saya ingin membahas seputar apa-apa saja yang sebaiknya dilakukan di setiap awal tahun seperti ini. Ini berdasarkan dari apa yang telah saya lakukan, mungkin bisa jadi contoh juga buat teman-teman. Jadi ayo disimak dengan baik-baik!

1. Mengatur File Tahun Kemarin

Jadi salah satu waktu yang paling tepat untuk mengatur file-file di tahun kemarin adalah pas tahun baru dimulai. Baik itu file yang ada di laptop, smartphone ataupun yang lainnya wajib untuk diatur sebaik mungkin. Cara mengaturnya mungkin bisa sesuai tanggal dan waktu. Jadi  kesannya biar rapih.

Mungkin kalau ada file yang memang perlu untuk dihapus awal tahun mungkin adalah waktu yang sangat tepat untuk menghapus kenangan masa lalu yang memang tidak pantas untuk dikenang. Hahaha...

2. Back Up File

Di zaman digital seperti sekarang, file adalah sebuah aset. Apapun bentuknya, baik itu foto, rekaman musik, video ataupun dokumen, itu harus tersimpan dan jangan sampai hilang karena itu semua adalah sebuah kekayaan intelektual.

Sudah banyak sekali aplikasi yang ada di smartphone atau pun laptop yang bisa digunakan untuk mem-back up files. Cara pakainya pun mudah dan jika bingung langsung saja bertanya ke Om Google. Dengan memback up file maka tidak akan ada kekhawatiran jika filenya akan hilang.

3. Membuat Resolusi Tahun Baru

Ini mungkin hal yang paling krusial karena masih banyak pro dan kontra terkait hal itu. Banyak orang yang suka nyinyir di sosial media kepada mereka yang suka membuat resolusi tahun baru. Kurang lebih kata-katanya begini, “Percuma tiap tahun buat resolusi tahun baru kalau itu hanya gabungan dari resolusi dari tahun-tahun sebelumnya yang belum terealisasi”. Menurut saya terserah orang mau bilang apa, karena tokoh utama dalam hidupmu adalah dirimu sendiri. Mereka nyinyir karena mungkin mereka sadar bahwa ia jauh berada di bawahmu dan mencoba untuk menjatuhkanmu. Tidak bisa dipungkiri bahwa hidup ini sesungguhnya adalah sebuah kompetisi. Hukum alam masih tetap dan akan terus berlaku.

Saya sendiri menganjurkan untuk membuat resolusi tahun baru. Kalau ditanya saya buat atau tidak? Iya, jujur saja saya membuat resolusi tahun baru dan ada beberapa hal yang ingin saya lakuin. Dalam hidup ini pasti kita harus punya tujuan dan alangkah lebih bagusnya jika itu ditulis (gak perlu dipamer) untuk memudahkan kita mengingat tujuan yang telah kita buat. Mulai dari mencatatnya di kertas lalu ditempel di dinding atau mencacatnya di smartphone atau pun di laptop.


Sedikit tambahan saran, dalam membuat resolusi itu harus sedetail mungkin. Kalau misalnya teman-teman ingin pergi jalan-jalan, tentukan juga tempatnya dimana dan waktunya kapan. Buat itu sedetail mungkin dan kalau teman-teman termasuk orang yang narsis dan suka pamer, cukup posting poin-poinnya saja.

Sebelum bertanya resolusi tahun baru saya apa? Mungkin teman-teman bisa menceritakan terlebih dahulu di kolom komentar apa yang menjadi resolusi teman-teman di tahun 2018 ini.


12 comments:

  1. Membuat resolusi tahun baru paling klise tapi menurut aku beneran penting lho itu, ntah itu diwujudin sekarang atau beberapa tahun kemudian. Yang penting niatnya dulu, insyaallah ntar ada jalan.
    Selamat tahun baru 2018 Mukhsin, semoga semakin jaya sebagai blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru 2018 juga!

      Doa yang sama untukmu.

      Delete
  2. Halo, Mukhsin. Berbicara mengenai resolusi di awal tahun itu memang perlu bagi setiap orang. Nah, kalau dari saya, resolusi di 2018 saya berharap bisa terbang keluar kota membawa nama kampus dan membawa pulang prestasi :) Pesan dari saya, apapun yang ingin kamu capai, ayo buktikan dengan aksi, bukan sekadar omongan belaka! Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungguh resolusi yang sangat luar biasa, ingin membanggakan nama kampus dengan kemampuan yang kamu miliki. Saya tadi berharap kamu tidak komentar ini pakai akun anonim, biar saya tahu orang yang punya keinginan yang begitu luar biasa ini.

      Terima kasih juga sudah mengingatkan, "Pesan dari saya, apapun yang ingin kamu capai, ayo buktikan dengan aksi, bukan sekadar omongan belaka!". Sebuah kata yang menyadarkan bahwa aksinya nyatalah yang paling penting dalam mencapai sebuah impian.

      Delete
  3. Terimakasih bung muksin
    Resolusi saya semoga d tahun 2018 ini saya bisa menemukan jodoh yang baik
    Amin hehe😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Amin sodara, semoga disegerakan!

      Delete
  4. Mendingan melakukan hal-hal bermanfaat di atas :)

    Kalo saya, sejak gadis di rumah saja di malam pergantian tahun, apalagi sekarang :). Saya merasa lebih tenang di rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sudah ada anak dan suami yang menemani sekaligus menghibur bu. Hehehe...

      Delete
  5. I'm an old man,0,5 abad yg lampau mulai jadi warga bumi..you can call me oppung.Anda setidaknya mengingatkan saya betapa banyak yang kulewatkan tersia sia di usia lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Oppung sudah berkunjung ke blog saya.

      Delete