December 10, 2017

Siapkan Dirimu Menyambut Harbolnas 12.12


Apakah pembaca blog ini masih ada yang belum tahu apa itu Harbolnas? Kalau masih ada yang belum saya ingin menyampaikan sedikit tentang apa itu Harbolnas. Harbolnas sendiri itu adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Sebuah kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun bersama dengan beberapa e-commerce yang ada di Indonesia. Ini merupakan tahun kelima dimana peringatan Harbolnas ini rutin diadakan setiap tahunnya.

Harbolnas ini sebenarnya hampir sama dengan perayaan yang ada diluar negeri yang sering disebut Black Friday. Kemarin saya sempat melihat-lihat iklan Black Friday di internet dan sangat luar biasa, diskon yang ditawarkan begitu besar. Harapannya Harbolnas kali ini dapat diskon besar-besaran.

Sedikit informasi yang saya dapatkan bahwa pada tahun ini, Harbolnas mulai menginisiasi untuk menjangkau para pelaku UMKM untuk turut berpartisipadi dalam pesta e-commerce terbesar di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2017. Tagline Harbolnas kali ini juga menarik, yaitu #BelanjaOnlineBersama untuk mendorong lebih banyak UMKM untuk go-online.
Harbolnas 12.12
Saya sendiri semenjak kuliah di Makassar, saya lebih sering berbelanja secara online. Mungkin tidak perlu saya sebutkan e-commerce apa yang saya gunakan, nanti tulisan ini disangka sponsored post. Selama saya berbelanja online, saya belum pernah menjadi korban penipuan (makanya belinya di ******). Salah satu alasan mengapa saya lebih senang berbelanja secara online karena saya lebih merasakan kemudahan, hanya dengan modal smartphone, pilih barang dan tunggu hingga barangnya diantar ke rumah. Apalagi sekarang sudah ada metode pembayaran COD (Cash on Delivery). Dengan berbelanja online juga saya bisa mendapatkan barang yang lebih murah dibandikan barang yang dijual di toko-toko yang ada di tempat saya tinggal.

Pada setiap perayaan Harbolnas, hal yang tentunya paling ditunggu-tunggu adalah diskon-diskon produk itu sendiri. Jadi sisipkan sedikit uang, siapa tahu barang yang kamu inginkan didiskon secara besar-besaran. Cara terbaik sebenarnya membuat serangkain wishlist atau nama lainnya mencatat barang-barang apa saja yang kamu ingingkan.

Saya sendiri sudah menyiapkan wishlist sendiri, ada beberapa barang yang saya incar di Harbolnas tahun ini. Tadinya saya ingin menuliskan satu per satu wishlist yang saya tulis, namun kemudian saya tidak jadi untuk menuliskannya. Takutnya nanti ada yang mendahului dan saya tidak kebagian. Kan lucu!


Sekarang ini sudah tanggal 10 Desember 2017, itu tandanya kurang dari 2 hari lagi Harbolnas sudah dimulai. Oleh karena itu ada beberapa persiapan yang perlu dipersiapkan sebelum Harolnas tiba. Ini mungkin lebih bermanfaat untuk saya tulis, jadi simak baik-baik:

1. Mempersiapkan Wishlist
Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumny di atas, wishlistitu adalah hal yang amat penting. Ini sangat membantu apabila Harbolnas tiba, kita tidak kebingungan mencari produk yang kita inginkan. Kan sudah dicatankan di wishlist.

2. Survey Harga

Survey harga juga penting, ini bermanfaat untuk mempersiapkan berapa budget yang diperlukan selama Harbolnas ini, kan lucu rasanya sudah menuliskan wishlist nyatanya saldo ATM ditarik saja tidak bisa.

3. Persiapkan Budget

Setelah melakukan survey harga, siapkanlah budget semampunya. Ingat, beli saja barang yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sampai ada kebutuhan lain yang lebih mendesak dan uangnya sudah habis gara-gara Harbolnas ini.

Ketiga persiapan diatas sepertinya sudah cukup untuk menyambut Harbolnas tahun ini. Ini tentunya momen yang sangat langka dan ditunggu-tunggu. Soalnya Harbolnas sendiri hanya diadakan sekali dalam setahun. Jadi jangan sampai terlewatkan teman-teman. Sekian dulu ya, jangan lupa kalian juga bisa menulisan di kolom komentar barang-barang apa yang ingin anda beli di Harbolnas tahun ini, siapa tahu saya bisa membantu. Hehehe...


20 comments:

  1. Aku salah satu yg ikut menanti harbolnas nih, semoga dapat diskon gede untuk produk yg q incer.. Wkwk

    ReplyDelete
  2. Bakal menguras kantong banget nih mas, jaman udah serba canggih uang juga jadi serba cepat habis wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Pendapatan pastinya makin banyak juga kan?

      Delete
  3. Harbonas bagi saya itu sangat menyenangkan sob...tapi apa daya saya Harboknas..😂😂😂😂😂 Hari boke nasional..😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terlalu jujur bro. Hehehe...

      Delete
  4. ndak sabar nih menunggu habolnas. bnyak diskon Dan diskon besar"an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti malam ya, jangan sampai kehabisan stok.

      Delete
  5. Dibegadangi yah mulai hari ini kalau memang mau dapat barang murah .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Biasanya juga begadang, namanya juga mahasiswa bu.

      Delete
  6. Wkwkw. Ane udah nemu barang target ane. Tapi ternyata harus ane abaikan dulu. Fokus tabungan buat kawin dulu bro. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Kawin harus lebih menjadi prioritas bro.

      Delete
  7. ayo kita serbu mumpung marketplace banyak promo hehe

    salam kenal kak
    www yukgas id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serbu gan, awas ya duit tabungannya habis. Hehehe...

      Delete
  8. Bakal nguras kantong ini, tapi di harbolnas kali ini sepertinya aku gak beli dulu. Bukan gak mau, tapi belum ada yang mau dibeli..

    Mas Mukhsin beli apa aja, nih?

    ReplyDelete
  9. Asyiik banget ada harbolnas yaa, sy juga lebih sering belanja online soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah beli apa saja nih? Hehehe...

      Delete
  10. sha kemaren harbolnas beli kamera hehe udah di niatin dr sebulan sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, mantap mbak kamera barunya.

      Delete