November 29, 2017

Menerima Perjanjian Rahasia dari Google


Baru-baru saja saya mendapat e-mail dari Google berisi surat perjanjian yang bersifat rahasia. Subjek emailnya tertulis "Anda Bisa Jaga Rahasia?". Di dalam emailnya saya disuruh untuk mengisi sebuah formulir. Awalnya saya agak ragu, siapa tahu isi email ini berisi sejenis phising, penipuan atau semacamnya. Namun, saya tidak diminta untuk memasukkan password dan saya lihat email pengirimnya asli, ada tertulis "noreply" yang berarti itu benar dari Google.


Isi emailnya tidak mungkin saya kasih tahu, namanya juga rahasia, kalau saya kasih tahu bukan rahasia lagi namanya. Di emailnya juga sudah jelas kalau saya tidak boleh memberitahukan apa isi dari perjanjian itu kecuali kepada karyawan, afiliasi, agen, atau penasehat profesional yang perlu mengetahuinya dan memiliki kewajiban hukum untuk menjaga rahasia ini. Saya menulis ini semata-mata hanya untuk membagikan kepada pembaca blog saya ini, siapa tahu ada yang pernah mengalami hal yang sama dan bisa berbagi pengalaman.

Saya kemarin juga sudah bertanya kepada teman saya, salah seorang admin di salah satu media yang ada di Makassar, namun dia belum pernah mendapatkannya juga. Kata dia sederhana, "Ikuti saja". Google memang membingungkan. Hahaha... Perjanjiannya sudah saya setujui, tinggal menunggu balasannya. Saya juga masih sangat penasaran tentang hal tersebut, semoga saja sebuah kabar bahagia.

Saya selalu kagum dengan apa yang bisa Google lakukan, dampak yang ditimbulkan di masyarakat sudah terlihat nyata. Sudah banyak orang yang merasa terbantu dan banyak pula yang merasakan manfaatnya. Tidak heran jika perusahan raksasa terbesar di dunia ini juga turut memegang kendali perkembangan teknologi saat ini.


6 comments:

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.