October 10, 2017

Cara Mudah Mendapatkan Poin Local Guides di Google Maps



Ini adalah lanjutan tulisan saya mengenai Membantu Penduduk Lokal dengan Bergabung Local Guides Google yang telah saya posting beberapa hari yang lalu. Pada tulisan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mudah mendapatkan poin Local Guides di Google Maps berdasarkan pengalaman yang telah saya lakukan.

Saat ini saya telah mencapai level 6 dengan jumlah lebih dari 1.500 poin. Untuk mencapai level 7 saya harus mengumpulkan hingga 5000 poin. Dengan begitu sedikit demi sedikit poin harus dikumpulkan agar mencapai target tersebut. Terdengar cukup sulit, hanya saja itu akan mudah jika kita menjalaninya dengan senang hati, bukan hanya didengarkan. Selama pepatah “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit” tetap ada di dunia ini, hal yang seperti ini bukanlah sesuatu yang mustahil.

Sebaiknya jangan terlalu banyak basa-basi, mari simak beberapa cara yang ada di bawah ini.

Pertama, kita semua pastinya tahu penambahan tempat adalah jumlah poin paling banyak yang bisa kita peroleh sebesar 15 poin. Caranya ini cukup mudah, ketika anda sedang berjalan-jalan kesuatu tempat, cafe misalnya, dan kalian melihat bahwa cafe tersebut belum terdapat di Google Maps, kalian bisa langsung menambahkannya. Data yang perlu anda isi cukup Nama tempat, Alamat serta Kategori. Setelah anda mengisi dengan benar data tersebut, anda bisa langsung mengirimkannya dan 15 poin telah anda dapatkan. Tinggal tunggu hingga penambahan tempat yang anda lakukan disetujui.


Kedua, setelah cara pertama tadi telah anda lakukan. Kalian tinggal menunggu balasan apakah penambahan tempat yang disetujui. Nanti akan ada pemberitahuan yang akan masuk ke handphonemu secara otomatis, tinggal tunggu sekitar 10-30 menit. Setelah pemberitahuannya masuk dan disetujui, kalian bisa menambahkan foto pada tempat yang barusan anda tambahkan. Satu foto bisa mendapatkan 5 poin. Bayangkan jika kalian mengambil 20 foto di tempat tersebut, lalu kemudian kalian unggah, maka anda akan langsung mendapatkan 100 poin. Ini juga sama halnya dengan video, kalian bisa mengunggah video tempat tersebut dan anda akan mendapatkan 7 poin.

Mudah kan? Bukan hanya itu, masih ada lagi.

Selanjutnya, yang ketiga, cara mudah mendapatkan poin adalah dengan memberikan nilai atau bintang sekaligus memberikan ulasan pada tempat tersebut. Anda bisa memberikan bintang sesuai yang anda inginkan, usahakan harus jujur, nanti dibagian ulasan kalian bisa menjelaskan kenapa tempat ini mendapatkan sekian bintang. Dengan memberikan nilai maka anda mendapatkan satu poin dan memberikan ulasan anda mendapatkan 5 poin, jadi total yang anda dapatkan langsung 6 poin.


Keempat adalah dengan cara mengedit tempat yang sudah ada. Kalian bisa mengedit Nama, Alamat, Kategori, Jam Buka, Telepon dan situs web serta anda bisa menandai jika tempat tersebut tidak ada, tutup permanen ataupun pindah. Usahakan mengedit jika data yang tertera benar-benar salah atau belum terisi. Dengan melakukan ini maka anda akan mendapatkan 5 poin.

Empat cara di atas adalah cara paling mudah untuk menambah jumlah poin anda. Sebenarnya masih ada cara lain hanya saja poin yang di dapatkan tidak begitu banyak, misalnya menjawab pertanyaan sebesar 3 poin, memberikan jawaban sebesar 1 poin dan memeriksa fakta sebesar 1 poin. Dari ke empat cara di atas, cara yang paling saya sukai adalah dengan menambahkan foto, selain lebih mudah poin yang di dapatkan juga cukup banyak.

Main Local Guides seperti ini rasanya semacam main game. Saya kemarin sempat ditanya sama teman saya seperti ini “Apa mudapat main begitu?”, yang saya jawab dengan sederhana “Ya cuman ngisi waktu luang, cukup seru ji rasanya”. Rasanya sudah cukup panjang, izinkan saya mengakhiri dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. Kapan-kapan saya akan menulis lagi tentang ini.


14 comments:

  1. Paling ampuh yang upload foto. Saya kebanyakan itu ji. Biasa juga minta foti sama teman-teman yang lagi jalan nanti di upload ke G-Maps. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide yang bagus juga itu om. Hehehe...

      Delete
  2. Terus gunanya poin local guide untuk apa??

    ReplyDelete
  3. Untuk menambah poin cukup mudah ya gan, boleh dicoba deh

    ReplyDelete
  4. oh ini local guide. terus fungsi poinnya untuk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya untuk naik level kak. Hehehe...

      Delete
  5. "ya cuman ngisi waktu luang cukup seru ji rasanya" wtf kalimat macam apa ini :D

    ReplyDelete
  6. Tadinya aku acuh sama Google Local Guide ini. Tapi tiap kali dia ngasih notifikasi (setelah aku foto-foto di satu tempat), selalu aku ladenin. Ternyata suatu hari aku dapet diskon buat nginep di Airy Rooms, lumayan :D

    Saran-sarannya noted, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Cie, yang dapat voucher gratis nginap di hotel.

      Delete
  7. Wah jadi ini dia local guide
    Artikelnya sangat bermanfaat kak

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.