September 24, 2017

Membantu Penduduk Lokal dengan Bergabung Local Guide Google

Local Guide Google

Baru-baru ini Google telah memuculkan fitur baru dalam produk Google Maps mereka yang namanya Local Guide. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Local Guide berarti Pemandu Lokal. Fitur ini semacam cara untuk memudahkan penduduk lokal untuk menemukan tempat-tempat yang keren dan sedang dibutuhkan.

Caranya sangat mudah, kita sebagai Local Guide memberikan sebuah ulasan pada tempat-tempat tertentu, misalnya pada tempat makan, rumah sakit, tempat perbelanjaan, dan menambahkan tempat-tempat penting yang kiranya nanti akan bermanfaat bagi banyak orang. Ini tentunya menjadi pengalaman yang sangat mulia bagi kita seorang Local Guide.

Selain memberikan manfaat ke orang lain tentunya ini juga berdampak pada diri kita sendiri. Dalam fitur Local Guide ini terdapat sistem level dan poin. Jadi setiap kali kita mengulas, memberikan nilai, memposting foto dan video, menjawab pertanyaan, mengedit tempat,  menambahkan tempat, memeriksa fakta, dan tanya jawab maka kita akan mendapatkan sejumlah poin. Untuk lebih jelasnya saya uraikan di bawah ini:
  • Ulasan: 5 Poin
  • Nilai: 1 Poin
  • Foto: 5 Poin
  • Video: 7 Poin
  • Jawaban: 1 Poin
  • Hasil edit: 5 Poin
  • Tempat yang ditambahkan: 15 Poin
  • Fakta yang diperiksa: 1 Poin
  • T&J: 3 Poin

Tentunya pengalaman ini sangat berbeda dengan sistem mengumpulkan poin di Multi Level Marketing. Ini jauh lebih menyenangkan. Semakin banyak poin yang kita kumpulkan maka semakin tinggi pula level yang kita dapatkan. Level ini nantinya yang membedakan kita dengan Local Guide yang lainnya. Kasarnya ini semacam sistem kasta dalam hidup. Untuk pembagian level saya akan uraikan di bawah ini:
  • Level 1: 0 Poin
  • Level 2: 15 Poin
  • Level 3: 75 Poin
  • Level 4: 250 Poin
  • Level 5: 500 Poin
  • Level 6: 1,500 Poin
  • Level 7: 5,000 Poin
  • Level 8: 15,000 Poin
  • Level 9: 50,000 Poin
  • Level 10: 100,000 Poin

Sekarang saya sendiri sudah mencapai level 5. Pada awalnya saya juga tidak bergitu paham dengan Local Guide ini. Saya hanya suka mengunjungi beberapa tempat dan mengulasnya. Lalu pada saat itu ada pemberitahuan untuk mendaftar sebagai Local Guide, saya hanya mengikuti setiap apa yang diminta. Lama kemudian, saya paham dengan Local Guide ini dan ternyata saya sudah mencapai level 5. Lalu apa yang saya dapatkan selama menjadi Level Guide?


Saya selama menjadi Level Guide saya hanya jadikan itu sebagai alat untuk mengisi waktu. Di saat saya berkunjung ke suatu tempat, saya memberikan ulasan pada tempat ini dan memberikan sejumlah rating. Pada saat saya mengambil gambar di tempat itu, akan secara otomatis akan ada pemberitahuan untuk diupload di Google Maps. Saya sama sekali tidak mengejar poin dan level tertentu. Saya hanya memanfaatkan Google Maps sebagai sarana jika saya mulai nyasar dan tak tahu arah.

Saya paham benar bagaimana rasanya kesasar di sebuah tempat yang sama sekali kita tidak kenal. Sekitar dua tahun yang lalu, pertama kalinya saya menjadi anak rantau di Makassar. Saya sering kali kesasar, bahkan sampai berputar berkali-kali pada tempat yang sama. Apalagi pada saat itu saya hanya memiliki handphone Nokia yang tidak ada fitur Maps-nya. Hal yang paling saya takutkan jika saya nyasar ke tempat sepi dan bertemu orang jahat. Belum lagi dulu saya stereotipe kota Makassar sebagai kota yang tindak kriminalnya cukup tinggi. Sungguh sangat menakutkan.

Selanjutnya saya akan menceritakan sedikit hadiah saya selama bergabung menjadi Local Guide. Nah, beberapa hari kemarin, saya mengecek semua email saya yang masuk. Ternyata salah satunya dari Google Local Guide yang memberitahukan bahwa sebentar lagi voucher saya akan kadaluarsa. Saya bingung ini voucher apa. Saya cek lebih lengkap, ternyata itu salah satu voucher belanja di salah satu e-commerce. Walaupun hadiahnya tidak terlalu besar, tapi cukup senang juga. Mendapatkan sebuah hadiah dari hal yang memang sering kita lakukan itu sesuatu banget.

Tapi, satu hal yang perlu dicatat bahwa hadiah bukanlah hal yang utama sebagai alasan untuk bergabung dengan Local Guide. Melainkan rasa ingin berbagi dan saling membantu daerah kita agal lebih dikenal dengan lebih mudah melalui Google Maps, agar nantinya sudah tidak ada lagi orang-orang yang kesasar karena tidak tahu arah dan sebagainya. Itu adalah alasan utama kenapa kita harus bergabung dengan Local Guide ini. Jika memang dapat hadiah, itu merupakan bayaran atas kerja yang telah kamu lakukan.

Jika kalian ingin bergabung, maka silahkan langsung mendaftar pada situs Google Local Guide di https://www.google.com/local/guides/ dan mulailah berpartisipasi dengan Google Maps. Tentu saja setiap kontibusi yang kalian lakukan akan memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.

14 comments:

  1. Saya juga main ini gan, seru juga kok kita bisa review sekalian backlink hehe

    Komentar yang bagus dan kasih gambar dengan memberi watermark juga sangat membantu buat backlink


    Yuk bw balik gan

    www yukgas id
    www gmlirik xyz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, tips yang bagus. Saya coba juga deh. Hehehe...

      Delete
  2. cocok nih bwt gue yg sering hang out ke lokasi" menarik di daerah sendiri untuk berfoto". jd refrensi gue pengalaman untuk buat mnjadi local guide banyak bnget.

    ohh ya, setelah poin terkumpul, bisa d cairkan mas? sprti intrnt level markting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicairkan bagaimana? Kayaknya tidak bisa deh. Nantinya kamu juga akan dapat hadiah berupa vocher dan semacamnya. Kamu juga bisa sekalian meet up dengan Local Guide yang ada di kotamu.

      Delete
  3. waah kren nnih ane mau cba ah

    ReplyDelete
  4. Aplikasi yang baru saya tau dan pertama kali melihatnya,seperti saya perlu mencobanya dan mengenalkan kepada sekitar lingkungan saya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aplikasi sangat recomended gan, silahkan langsung dicoba saja.

      Delete
  5. aku udah bintang 5
    dapet voucher dari lazada
    mayan

    ReplyDelete
  6. ohhh ya ya ya.... pernah diajarin untuk ini. terus kurang begitu suka, yaudah deh nggak dilanjutin. hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Lanjutin aja lagi kak, padahal di blognya sering banget jalan-jalan.

      Delete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Find me on Twitter:

Alexa Rank

Copyright