September 19, 2017

Makalah Lengkap Komponen Aktif dan Pasif pada Bidang Elektronika


Nama: Mukhsin
NIM: 1525041002
Dosen: Dr. Hendra Jaya, M.T
Mata Kuliah: Bengkel dan Perancangan Elektronika

Pada zaman sekarang, penggunaan sistem elektronika kini semakin maju dan pesat. Semakin banyaknya inoveasi yang bermunculan khususnya dalam bidang elektronika yang tiada hentinya. Perlu juga diperhatikan bahwa komponen-komponen elektronika secara luas telah mencakup segala bidang kehidupan yang serba canggih dan otomatis ini. Penggunaan komponen elektronika seperti transistor, dioda, resistor, kapasitor, induktor, saklar dan masih banyak lagi yang sering kita jumpai dalam praktikum komponen-komponen elektronika merupakan komponen utama dalam sebuah rangkaian.

Dalam melakukan sebuah praktikum, salah satu hal yang mendasar adalah kita harus mengetahui tentang macam-macam komponen elektronika baik itu aktif maupun pasif. Oleh karena itu, dalam makalah ini, akan dibahas Komponen Aktif dan Pasif pada Bidang Elektronika. Pada dasarnya, setiap komponen memiliki fungsi dan simbol yang berbeda-beda. Maka dari itu perlu dipahami dengan jelas secara rinci setiap kompnen tersebut

Dalam elektronika terdapat dua komponen yaitu komponen aktif dan komponen pasif. Komponen aktif merupakan komponen yang dapat bekerja apabila ada catu daya terlebih dahulu. Contohnya: Transistor, Dioda dan IC (integrated circuit). Sedangkan komponen pasif merupakan komponen yang dapat bekerja tanpa ada catu daya,. Contohnya: Resistor, Kapasitor, Induktor, Tranformator, Relay, dan Saklar.

Berikut makalah lengkap Komponen Aktif dan Pasif pada Bidang Elektronika yang bisa kalian unduh secara gratis:


Download on Google Drive


*Tulisan ini dibuat untuk memenuhi mata kuliah Bengkel dan Perancangan Elektronika


8 comments:

  1. Wah sangat membantu sekali artikel nya gan
    Kebetulan saya juga jurusan elektronika
    Buat nambah" ilmu saya gan
    Dan ijin download ya gan...

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget gan, izin download langsung ya

    ReplyDelete
  3. mskasih ga makalanya kebetulan saya juga orang makassar tapi beda kampus ji bukan di UNM saya

    ReplyDelete
  4. kak boleji kupake makalata untuk memenuhi tugas kuliaku toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, tinggal buat BAB 1-nya sendiri.

      Delete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.