August 3, 2017

Perlengkapan Wajib Seorang Blogger


Sumber: http://wahrheitinfotech.com/
Menulis di blog sekarang ini sudah bukan lagi aktivitas yang dianggap remeh. Ketika dulu orang-orang menjadikan blog sebagai sarana menulis curhatan, atau lebih dari itu sebagai sarana berbagi informasi, sekarang blog sudah bisa jadi sebuah pekerjaan. Banyak orang yang sudah membuktikan kesuksesannya melalui blog dan bahkan mampu meraup keuntungan yang sangat besar. Sekarang bahkan ada yang memilih untuk tidak bekerja kantoran melainkan hanya berkerja di rumah sebagai full time blogger.

Walaupun seorang blogger hanya berkerja di rumah, itu bukanlah suatu alasan untuk tidak berkerja secara profesional. Dengan menjalankan aktivitas sebagai blogger, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan dalam menjalankan aktivitas ngeblog. Oleh karena itu, maka setiap blogger wajib memiliki perlengkapan demi menunjang kelancaran aktivitas ngeblog tersebut. Dengan terpenuhinya perlengkapan ngeblog, maka akan membuat aktivitas ngeblog yang dilakukan tentunya akan lebih efektif dan nyaman.

Untuk itu, perlengkapan wajib seorang blogger harus terpenuhi. Ada pun perlengkapan-perlengkapan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

1. Laptop

Dibandingkan komputer, saya pikit laptop lebih praktis untuk dibawa kemana saja. Terkadang pada saat kita menulis, kita akan selalu mencari tempat yang cukup nyaman dan aman agar konsentrasi tidak terganggu. Terkadang juga ada acara blogger yang meminta untuk membawa laptop masing-masing untuk keperluan live blogging, semacam acara ngeblog yang tulisannya dikerjakan langsung di lokasi acara yang diselenggarakan.

Spesifikasi laptop yang digunakan tidak perlu yang tinggi, saya sendiri menggunakan laptop standar dengan kapasitas hardisk 320 GB dan RAM 2 GB. Ukuran laptopnya sendiri saya sarankan menggunakan laptop berukuran 14 inchi sehingga tetap nyaman untuk digunakan, tidak kebesaran dan tidak kekecilan.

2. Smartphone

Fungsi smartphone disini adalah sebagai sarana promosi. Seorang blogger yang ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang pasti memerlukan promosi agar lebih dikenal secara luas. Salah satu media yang digunakan untuk promosi adalah media sosial. Saya sendiri setiap kali saya menyelesaikan sebuah tulisan, maka tulisan tersebut akan langsung saya posting di akun media sosial yang saya miliki.

Selain sarana promosi, smartphone disini fungsinya juga sebagai sarana memantau keadaan blog yang kita miliki. Sebenarnya bisa menggunakan laptop, tapi kan ribet. Dengan smartphone segalanya jadi terasa begitu mudah. Hal yang paling sering saya pantau adalah statistik pengunjung blog saya di Google Analitycs dan penghasilan yang saya dapatkan dari blog di Google Adsense. Semua aplikasi itu bisa dengan mudah diunduh di Play Store atau App Store.

3. Koneksi Internet

Aktivitas ngeblog ini dilakukan secara online, oleh karena itu maka dibutuhkan koneksi internet yang baik. Untuk mendapatkan koneksi internet, saya sering menggunakan jaringan smartphone saya dengan cara mengaktifkan hotspot seluler dan kemudian menghubungkannya melalui fitur Wifi yang ada di laptop. Namun jika kamu tidak punya kuota internet, solusi yang bisa dilakukan dengan berkunjung ke cafe atau warkop yang menyediakan Wifi gratis.

4. Kamera

Sebagaimana tulisan yang baik, maka diperlukan sebuah gambar sebagai penunjang dari apa telah kita tulis. Bahkan ada sebuah kutipan yang cukup terkenal mengatakan "No Pict = Hoax". Terlebih lagi bagi travel blogger, kamera pastinya adalah hal yang wajib. Tapi sebenarnya bukan hanya travel blogger, semua jenis blogger wajib memiliki sebuah kamera, baik itu fashion blogger, food blogger, dan lain-lain.

Smartphone sekarang ini mungkin sudah memiliki fitur kamera yang sangat canggih. Bahkan hampir setara dengan kualitas-kualitas kamera DSLR. Namun demikian, kamera tetap perlu untuk dibawa, karena smartphone memiliki keterbatasan daya baterai dan resolusinya. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus, seorang blogger harus belajar bagaimana teknik pengambilan gambar. Dengan foto-foto yang berkualitas makan akan semakin menambah citra blog kita kepada pengunjung.

5. Cemilan

Cemilan adalah sahabat paling baik bagi para blogger disaat sedang berkutat dengan tulisan yang dibuatnya. Saya sendiri merasakan hal yang demikian, pada saat saya mengerjakan sebuah tulisan, dengan ngemil ditambah minuman bersoda atau kopi maka akan membuat otak lebih fresh. Pikiran lebih lancar.

Namun demikian, faktor kesehatan juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kebanyakan ngemil dapat mengancam kesehatan kita. Untuk yang suka ngemil makanan ringan mungkin bisa sekali-kali diganti dengan kue, buah, dan air putih.

6. Uang

Untuk melengkapi semua perlengkapan di atas itu pastinya harus dibeli terlebih dahulu, oleh karena itu maka dibutuhkan sebuah uang. Jika tidak bisa dibeli sekaligus, mungkin bisa menabung dan membeli satu per satu. Uang disini juga gunanya untuk membeli domain dan hosting untuk blog kita. Sebenarnya ada yang gratisan, namun alangkah lebih baiknya lagi jika kita menggunakan yang berbayar agar terlihat lebih profesional.

Demikian perlengkapan wajib seorang blogger. Mungkin setiap blogger memiliki perlengkapan-perlengkapan yang berbeda-beda, namun umumnya menggunakan yang di atas saya sebutkan. Cukup sesuaikan dengan kebutuhanmu seperti apa. Jadi, sudah siap jadi blogger?



55 comments:

  1. Sudah tersedia..tinggal memaksimalkannya aja.. dan itu lumayan sulit ditambah dengan konsistensi yang harus terjaga agar blog ngga lumutan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sifat malas kadang datang kapan saja.

      Delete
  2. Perlengkapan utama sih niat dan fokus aja.

    ReplyDelete
  3. yang jelas lagi setelah kita punya blog itu dipastikan setiap hari harus update /buat artikel baru karena salah satu senjata seo yang sangat berpengaruh adalah artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten juga hal yang penting.

      Delete
  4. Kalau ane gak ngopi gak melek bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering nulis malam yah? Begadang?

      Delete
    2. pastinya, ngopi wajib dah.
      salam kenal semua

      Delete
  5. yg pernah ane alami itu udh nyari tempat nyaman malah jadi males ngeblog, jadinya yaa malah santai" gk jelas wkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Saya juga dulu pernah ngalamin hal seperti itu, niat ke warkop buat ngeblog, pas udah sampai disana, koneksi internetnya kencang banget, malah jadi ngelakuin hal yang gak jelas.

      Ngeblognya dinomor duakan. LOL!

      Delete
  6. menurut ane ma perlu koneksi, hp sama niat

    ReplyDelete
  7. kalo menurut ane yg paling penting itu internetnya gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke warnet aja kalau begitu. Hehehe...

      Delete
  8. Iya gan setuju, that's the point

    ReplyDelete
  9. Dari semua yang disebutin di atas, ada beberapa yang aku gak punya. Tapi gapapa sih, selama masih ada koneksi internet mah aman. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Semangat terus kakak.

      Delete
  10. kalo uang sebenernya gak terlalu gan, paling internet yg utama hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli kuota internet juga pakai uang bro. Hehehe...

      Delete
  11. kamera nabung buat kamera.

    ReplyDelete
  12. bener sekali tuh cemilan juga penting.. haha...

    ReplyDelete
  13. yang belum ada kamera,
    jadi belum bisa buat gambar sendiri dengan bagus
    cemilan ganti sama rokok (biar tamba inspirasinya : khusus buat saya)

    ReplyDelete
  14. Kalo ane cukup peke kamera smartphone aja gan 😂

    ReplyDelete
  15. Sama persis dengan yg ane gunakan biasanya

    ReplyDelete
  16. Memang semuanya itu penting ya mas, cuman yang saya belum punya lap top mas...jadinya ke warnet..

    ReplyDelete
  17. Kalau saya yg tidak bisa ketinggalan adalah cemilan, karena bikin semangat sama kopi juga...

    ReplyDelete
  18. Tmbahin kopi gan, biar seger :v

    ReplyDelete
  19. saya fokus di cemilannya mas, kadang cemilan udah abis tulisan masih juga belum mulai. hahaha. :))

    ReplyDelete
  20. waduh gk punya camera gan.. camera hp aja punyanya gan... harus nabung dulu ini..tapi ttp semangat ngblog

    ReplyDelete
  21. Wow,, Mantap Nih perlengkapannya :) makasih sudah share

    ReplyDelete
  22. Poin yang nomor 5 jarang banget saya lakukan.

    ReplyDelete
  23. jangan lupa tambahin kopi susu :D

    ReplyDelete
  24. Bener banget, eh satu lagi... kopi :D

    ReplyDelete
  25. Tambah no 7 gan, MOOD. Kalau gak mood nulis bijimane dong? haha.. BTw, salam kenal dari Aceh. Done follow yes

    ReplyDelete
  26. Kebanyakan orang keluhannya di no 6

    ReplyDelete
  27. Kalau saya uang masuk no 1 gan.. Artikel menarik gan

    ReplyDelete
  28. 1,3,6 itu yang utama. jika ingin Ngeblog coi. kalo 3 hal itu tidak ada, gimana mau ngeblog

    ReplyDelete
  29. kalo sifat wajibnya blogger menurut ane harus konsisten gan. Nice gan

    ReplyDelete
  30. Perlengkapan utama juga ide gan buat menulis.....

    ReplyDelete
  31. boleh nambah gak gan?
    hilangin males. hehe.

    ReplyDelete
  32. Kemampuan betpikir yang luas min jangan lupa , tanpa adanya artikel yang menarik blog kita tidak dapat berkembang

    ReplyDelete
  33. bener bgt broo, itu smua saling berhubungan hehe apalagi cemilannya makanan dan kesukaan ane

    ReplyDelete
  34. no 7 restu dari ortu dan sang pacar. biar gak di marahi kalo over pada sat nge blog. hehee

    ReplyDelete
  35. yang paling utama itu koneksi internet min :D

    ReplyDelete
  36. Wahhh.. saya blogger cupu, laptop minjem (karena rusak), smartphone ada-lah... koneksi internet selama di kantor aja, kamera nggak punya, cemilan aja sih yang always adaaa... uaanngg, baru ngumpulin buat beli list barang2 di atas... :)

    ReplyDelete
  37. wah keren gan jadi dapet referensi ane

    ReplyDelete
  38. laptop + smartphone + internet + charger itu paling utama nih

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.