August 6, 2017

Penjelasan Tentang "Eta Terangkanlah"

Pada postingan kali ini, saya akan menjawab sebuah pertanyaan terbesar beberapa hari belakangan ini. Pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh sebagian besar orang Indonesia hingga mendadak viral sampai sekarang ini. Sudah tahu kan apa itu? Iya, ETA TERANGKANLAH... Saya sendiri kemarin bingung apa ini Eta Terangkahlah. Soalnya banyak sekali postingan di media sosial yang mencantumkan Eta Terangkanlah, di postingan ini saya kan mencoba menjelaskannya.


Sebenarnya Eta ini adalah kata yang ambil dari bahasa Sunda yang berarti itu. Kemudian disambung menjadi Eta Terangkahlah yang merupakan sebuah potongan lirik lagu dari musisi religi yang selalu menghiasi hari-hari kita tiap bulan ramadhan, ialah Opick. Sebuah lagu yang bejudul "Khusnul Khotimah", siapa sih yang tidak tahu lagu ini. Kemudian apa yang membuat lagu ini viral? Penyebabnya karena ulah seseorang yang men-dubbing lagu ini dengan logat jawa serta suara yang jauh dari kata indah. Sampai sekarang ini belum ada yang tahu siapa dalang dibalik semua kebingungan di tanah air ini. Orang ini sangat anonim, bahkan banyak yang menduga-duga kalau sebenarnya itu suaranya Young Lex. Seandainya ngerap, gue yakin dia orangnya, tapi tidak!

Di bawah ini adalah video yang mempelopori fenomena Eta Terangkanlah ini:


Lirik Eta Terangkanlah adalah sebagai berikut:

Hiji dua hiji dua tilu,
Eta terangkanlah… Eta terangkanlaahhh…
Eta jiwa yang berkabut
Eta yang penuh dosa
Ampunilah… ampunilaaah…
Ampunilah zikiri dosa mas Tono

Eta Terangkanlah ini pertama kali viral melalui Youtube. Video pertama hanya terlihat orang yang joget gak jelas kemudian di-dubbing suaranya. Setelah video itu viral, kemudian banyak banget orang yang ikut-ikutan upload video seperti itu, juga tidak lupa para Youtubers kondang yang tidak mau ketinggalan. Akibatnya Eta Terangkanlah ini semakin viral. Jika tidak percaya, bisa kalian lihat di Youtube bertapa berserakannya video seperti ini. Mulai dari K-POP, Ultraman, Spongebob, hingga Young Lex dan kawan-kawan.

Ini adalah bukti bahwa orang-orang Indonesia itu suka dengan hal yang barbau lucu. Apa saja yang lucu kemudian diikuti oleh banyak orang pasti akan viral. Saya akui di Indonesia ini, sesuatu hal sangat gampang viral. Ditambah dengan adanya media sosial yang membuat semakin mudahnya tersebar ke seluruh penjuru bangsa yang humoris ini. Fenomena ini sama halnya dengan kasus "Om Telolet Om" kemarin yang jauh lebih viral karena sampai ke luar negeri. Padahal yang kita tahu itu hanyalah ulah anak-anak dipinggir jalan yang teriak "Om Telolet Om" ke bus yang lewat agar supir busnya membunyikan klakson, dan BOOM! Viral!

Kurang lebih seperti itu penjelasan dari tentang Eta Terangkanlah. Jadi ini hanyalah sebuah plesetan dari sebuah lirik lagu yang kemudian lucu dan diikuti oleh banyak orang. Tolong jangan percaya jika ada yang di kemudian hari mengatakan bahwa Eta Terangkanlah artinya Aku Yahudi. Please! Jangan!

36 comments:

  1. Eta terangkanlah virral? Gilaa gue kalah update. Mantap bro

    ReplyDelete
  2. eta terangkanlaaaaaaaaaah/ hahahah

    ReplyDelete
  3. Wah ada-ada saja yah tren jaman now. CKCKCKCK

    ReplyDelete
  4. Anjayyyy wkwkwk, ini yang dari kemarin penuh caption di instagram. Ternyata hahahahha... ada2 aja Indonesia ini wkwk

    ReplyDelete
  5. sebeneranya itu udah lama ane tau, tapi viral nya baru-baru ini wkwkwkw

    ReplyDelete
  6. Betul banget orang indonesia emang suka sama hal yang berbau lucu. Karena gue sendiri sih juga begitu huahaha, salam... eta terangkanlah! :p

    ReplyDelete
  7. diyoutube berserakan video eta terangkanlah :D

    ReplyDelete
  8. artikelnya bagus banget gan..

    ReplyDelete
  9. Wkwk rame nih buat jadi bahan blog

    ReplyDelete
  10. sekarang Eta Terangkanlah jadi Viral gan

    ReplyDelete
  11. Eta terangkanlah :D
    Mantap gan

    ReplyDelete
  12. wkwkw baru tau ada penjelasan lagunya dari lagu Opick, tapi selalu ngakak kalo liat dan denger ini. wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Itu barusan ada yang bilang eta terangkanlah artinya yahudi
    :-D

    ReplyDelete
  14. saya aja baru tau, kemarin sempat ada ajak guyon ginian tapi yah dingin aja reaksi saya. eh setelah tau malah ketagihan dengarnya

    ReplyDelete
  15. Eta terangkanlaaaaah...
    Dung tuk tang tung
    Itu lagu opick yg diaransemen ulang pke tambahan bahasa sunda.
    Hehee jdi cengar-cengir sndiri kalo liat parodi2 di youtube.
    ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  16. Oh gitu ya gan, ane baru tahu, awal nya ane sempat bingung, thanks gan untuk info nya...

    ReplyDelete
  17. Ahahaha Eta Terangkanlah emang viral, aku juga ada lagu yang dibuat-buat sama teman aku. Mau upload ntar viral juga pula, kayak gini.. ekekekwkwk

    ReplyDelete
  18. Gua baru tau yang eta terangkalah ternyata lagu religi. OMG...

    ReplyDelete
  19. ternyata yang aneh2 cepet viral ya gan ? haha

    ReplyDelete
  20. yang viral ternyata terpecahkan ,,
    nice artikel gan

    komen balik ya ke blog ane
    ayokerjariau.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. udah banyak nih video di instagram gokil njayyy

    ReplyDelete
  22. WJWKWKWKKW KOCAK AMAT SIH

    ReplyDelete
  23. Memang yang 1 ini tidak bedanya dengan Despacito :D hahah mantap gan

    ReplyDelete
  24. Eta terangkanlah..hehe,..
    Jaman sekarang begitu mudah ya untuk viral, setelah ini kira-kira apa ya?

    ReplyDelete
  25. Pertama kali dengar ngakak sumpah gan hahaha

    ReplyDelete
  26. mesti dijelasken ane masih ingin ngakak aja.. hihi..

    ReplyDelete
  27. sedih gak sih
    gak bisa ngeliat videonya kareana diblok proxy kantor

    ReplyDelete
  28. Ooohh begitu, brrti... eta tetangkanlah Dum tak Dum tak dum

    ReplyDelete
  29. masih viral ni sampe sekarang wkwkw :v

    ReplyDelete
  30. Baru tahu kalo kata itu viral karena lagu.

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Find me on Twitter:

Alexa Rank

Copyright