April 23, 2017

Komponen Dasar Elektronika Lengkap


Dalam ilmu elektronika terdapat beberapa macam dan jenis dasar elektronika yang perlu kita ketahui. Dalam kehidupan yang kita jalani setiap hari pun kita tidak jauh jauh dengan alat-alat elektronika. Contohnya seperti smartphone, komputer,televisi dan masih banyak lagi.

"Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi." Dikutip dari Wikipedia Indonesia

Saat ini perkembangan zaman khususnya di dunia elektronika sungguh sangat pesat sekali. Alat alat elektronik dasar yang sudah kita kenal dulu mungkin hanya sedikit jika dibandingkan dengan sekarang. Sebenarnya alat elektronika yang kita kenal hanyalah dikembangkan lebih luas lagi sehingga membuat kita agak sedikit kesulitan untuk mengetahui apa saja fungsi alat komponen elektronika jaman sekarang.


Komponen Elektronika dijaman sekarang ini banyak banget jenis-jenisnya. Untuk mengetahuinya perlu penjabaran yang agak panjang. Dibawah ini adalah penjabaran mengenai macam-macam komponen dasar elektronika berserta gambar, simbol dan fungsinya.

1. Kapasitor

Nama lain dari kapasitor adalah Kondensator, ini berfungsi untuk menyimpan energi yang ada didalam medan aliran listrik. Cara kerja kapasitor yaitu dengan mengumpulkan ketidakseimbangan didalam aliran listrik. Satuan dari kapasitor disebut dengan Farad. Farad ini diambil dari nama orang Michael Faraday yaitu salah satu ilmuan yang menemukan kapasitor.

Perlu kita ketahui satuan satuan Farad dari Kapasitor:
  • 1µF = 1.000nF (nano Farad)
  • 1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
  • 1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
  • 1nF = 1.000pF (piko Farad)
Ciri-ciri Kapasitor:
  • Mempunyai dua kaki
  • Ujung dari dua kaki tersebut yaitu kutub positif dan negatif
Macam-macam Kapasitor:
  • Kapasitor Variabel yaitu nilai variabel yang tidak bisa diubah-ubah (apa adanya). Contoh dari kapasitor variabel  : Kapasitor keramik, kapasitor polyster dan kapasitor film.
  • Kapasitor Tetap yaitu nilai variabel yang ada didalamnya bisa dirubah contohnya seperti kapasitor Trimer dan kapasitor Varco (variabel condensator)
Simbol & Gambar Kapasitor
Fungsi Dari Kapasitor untuk Rangkaian Elektronika:

Pengaruh yang dimiliki oleh Kapasitor ini sangat besar dalam rangkaian elektronika. Disetiap rangkaian elektronika kapasitor pasti digunakan. Berikut Kegunaan dari Kapasitor yang harus kita ketahui.
  • Kapasitor berfungsi untuk menyimpan tegangan listrik.
  • Kapasitor berfungsi sebagai jembatan (konduktor) yang bisa memberi jalan Arus AC.
  • Kapasitor berfungsi untuk menghambat arus listrik DC.
  • Kapasitor berfungsi penyaringan di dalam rangkaian power supply.
  • Kapasitor bisa membangkitkan Frekuensi didalam rangkaian Osilator.
  • Kapasitor berfungsi sebagai pemilah dan pimilih gelombang frekuensi.

2. Resistor

Resistor adalah komponen yang tidak aktif atau bisa dibilang pasif yang berguna untuk mengatur & menghambat tegangan listrik didalam sebuah rangkaian. Resistor mempunyai satuan yaitu OHM (Ω). Resistor mempunyai nilai yang bisa dengan mudah dihapal yaitu dengan melihat kode, angka ataupun warna yang ada di Resistor itu sendiri. Dengan begitu kita cepat paham dengan Resistor.

Adapun Jenis-Jenis dari Resitor:
  • Ada Variabel Resistor (Potensiometer) yaitu nilai nya dapat dirubah/diatur
  • Ada resistor yang tidak bisa dirubah nilainya Alias tetap
  • Resistor yang mengikuti intensitas cahaya dengan nama lain Light Dependent Resistor
  • Resistor yang mengikuti perubahan suhu.
Simbol & Gambar Resistor
3. Induktor

Induktor sering juga disebut dengan reaktor. Induktor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai penyimpanan energi dimedan magnet akibat tegangan listrik yang melaluinya. Ciri-Ciri dari induktor biasanya terdapat lilitan lilitan yang berfungsi membantu menciptakan medan magnet.

Induktor mempunyai dua jenis yaitu :
  • Induktor Tetap (tidak bisa dirubah nilainya)
  • Induktor yang tidak tetap (bisa dirubah nilaiya)
Simbol & Gambar Induktor
4. Dioda

Komponen elektronik yang bernama dioda ini bermanfaat menghantar arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Dioda berdiri denga dua komponen elektroda yaitu anoda dan katoda.

Fungsi-fungsi Dioda adalah:
  • Dioda berfungsi sebagai penyearah tegangan listrik bolak-balik AC-DC
  • Dioda berfungsi untuk mengamankan rangkaian elektronika yang ditimbulkan oleh dioda
  • Dioda berfungsi untuk memancarkan cahaya monokromatik sering disebut LED (Light Emitting Diode)
  • Dioda sangat sensitif dengan cahanya makanya sering digunakan untuk sensor. ini sering disebut dengan dioda foto
  • Dioda yang berfungsi sebagai pengendali. sering disebut Dioda Schottky
  • Dioda berfungsi untuk memancarkan cahaya laser. dioda ini sering disebut dengan Laser Diode.
Simbol & Gambar Dioda
5. Transistor

Saking banyaknya fungsi yang dimiliki oleh Transistor Di era modern ini transistor memiliki peranan sentral di dunia elektronika. sehingga kehadiranya sangat dibutuhkan.

Fungsi-fungsi Transistor :
  • Sebagai Switch (Pemutus dan penghubung)
  • Sebagai Penguat arus
  • Modulasi Sinyal
  • Stabilitasi Tegangan
  • Penyearah dan lain sebagainya
Simbol & Gambar Transistor
6. IC (Integrated Circuit)

IC ini bisa berdiri dari rangkaian ribuan bahkan jutaan transistor. IC ini adalah salah satu komponen elektronika aktif.

Ciri-ciri IC:
  • Berkaki 3 (tiga) hingga ratusan kaki (terminal)
Fungsi fungsi dari IC:
  • Penguat
  • Switching
  • Pengontrol
  • Hingga media penyimpanan.

Menurut definisi yang beradar IC ini adalah salah satu komponenen aktif elektronika yang digunakan sebagai pengarut/otaknya dari sebuah rangkaian elektronik. Didalam sebuah komputer terdapat IC mikroprosesor yang berfungsi sebagai otaknya komputer. Didalamnya terdapat sekitar 16 juta transistor. itu belum semuanya terhitung masih ada komponen lainnya.

Gambar dan Simbol IC
7. Saklar (Switch)

Saklar ini digunakan sebagai media penghubung yaitu menghidupkan atau mematikan arus listrik. Banyak dijumpai dirumah-rumah sebagai ON/OFF rangkaian elektronika.

Gambar & Simbol Saklar
Demikian artikel tentang komponen dasar elektronika.

*Tulisan ini dibuat untuk memenuhi mata kuliah Media Pembelajaran


36 comments:

  1. saklar komponen yang sangat di perlukan sekali untuk di rumah apa lagi.untuk mematika listrik secara mendadak tapi aman

    ReplyDelete
  2. Hahahaha...pelajaran fisika aq g masok kelas gan...hehehe bagus artikel nya

    ReplyDelete
  3. thanks bro, saya jadi tau hal beginian

    ReplyDelete
  4. trimaksaih gan materi kelas 10 nih hehe :D

    ReplyDelete
  5. mksih informasihnya akhirnya gua tau juga

    ReplyDelete
  6. Materinya lengkap banget bang

    ReplyDelete
  7. Nice sharing. . Uda lama gak belajar beginian sejak sma. .😁😁

    ReplyDelete
  8. Mantaap gan, nambah wawasan ni

    ReplyDelete
  9. mantap gan tulisanna sekalian buat tutor perakitan kecil gan hehe

    ReplyDelete
  10. info menarik, terima kasih infonya. By Mas Fandi

    ReplyDelete
  11. lumayan nihh nambah nambah pelajaran

    ReplyDelete
  12. Pusing gua bacanya. Wkwkw
    Kirain anak IF aja yang dipusingkan sama coding. Ternyata elektro juga pusing sama listrik. #musingin

    ReplyDelete
  13. Software untuk simulator nya ada gak ya? :D

    ReplyDelete
  14. Mantap gan , ini bahan buat belajar dasar dasar elektronik dirumah .

    ReplyDelete
  15. Mata kuliahku dulu iniiii. Jadi ingat masa2 kuliah dulu hehe.
    Bagus sesekali tulis yang kayak begini, Mukhsin. Buat pembelajaran orang di luar Teknik Elektro. :)

    ReplyDelete
  16. Jadi teringat lagi nama-namanya. Udah lama gak maenin ginian..hehe

    Ini buat tugas kah Mas ?

    ReplyDelete
  17. Terima kasih mas, artikelnya sangat bermanfaat, kebetulan saya juga suka elektro.

    ReplyDelete
  18. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Elektronika.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Elektronika

    ReplyDelete
  19. artikel bermanfaat mengenai elektronika

    ReplyDelete
  20. Wihh mantap gan,nice info :)

    ReplyDelete
  21. Artikel yg bagus mas. Mapel fisika tapi hampir dilupain hehe

    ReplyDelete
  22. thanks gan artikelnya bermanfaat bnget

    ReplyDelete
  23. Sangat membantu tugas saya, terima kasih

    ReplyDelete
  24. Lengkap sekali gan...mantab

    ReplyDelete
  25. Jadi tringt masa sekolah dulu tentang pljrn fisika ini...

    ReplyDelete
  26. mantap ni nambah pengetahuan gan

    ReplyDelete
  27. wahh lengkap banget ni gan, ijin bookmark siapa tau nanti perlu. kebetulan saya juga suka otak-atik barang elektronik

    ReplyDelete
  28. Lengkap sangat. Wkwkwk
    Makasih artikelnya gan.

    ReplyDelete
  29. Info lumayan nih gan tentang komponen kelistrikan... Visit back gan ke blog ane http://perencana-keuangan.com :)

    ReplyDelete
  30. Waktu kecil saya sering mainan komponen bekas, buat mobil-mobilan. ternyata barang kecil gitu banyak fungsinya..
    Makasih infonya..

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.