February 7, 2017

Acara Pertama di 2017 bersama OPPO Cameraphone



Setelah beberapa hari terakhir telah menerima undangan dari OPPO melalui e-mail untuk mengikuti acara OPPO Selfie Tour 2017 di Makassar. Akhirnya kemarin saya bisa menyempatkan diri untuk menghadiri acara tersebut. Beruntung tempat berlangsungnya acara tersebut tidak begitu jauh dari kontrakan saya, yaitu bertempat di Boncafe.

Acara dimulai pukul 09.00 WITA. Saya berangkat ke lokasi kurang lebih lima belas menit sebelum jadwal yang ditentukan. Sampai disana ternyata masih sepi. Hanya ada satu dua orang peserta yang hadir. Walaupun begitu saya pun registrasi terlebih dahulu dan memasuki ruangan sambil menunggu peserta yang lain. Tidak begitu lama, satu per satu peserta mulai berdatangan. Ada yang dari media, blogger dan komunitas OPPO yang ada di Makassar.

Sembari menunggu semua peserta datang, saya menyempatkan diri untuk mengambil segelas kopi dan sedikit kue yang disediakan. Lumayan buat mengganjal perut soalnya sebelum berangkat saya tidak sempat sarapan terlebih dahulu. Berselang beberapa menit kursi-kursi kosong yang ada telah terisi. Acara pun akan segera dimulai. Mas Angga selaku moderator membuka acara tersebut, ia memberitahu kami tentang sesi-sesi selama acara berlangaung dan mini games yang akan dilaksanakan. Dan juga memberi tahu kami password Wifi yang ada di lokasi tersebut  (kuota saya juga sekarat). Hehehe...


Sesi pertama dibuka oleh Aryo Meidianto selaku Media Management OPPO Indonesia. Ia menjelaskan tentang perkembangan smartphone di Indonesia khususnya lagi OPPO F1s Selfie Expert (new edition). Ada yang menarik sebenarnya bahwa OPPO F1s Selfie Expert ini mulai memasuki jajaran cameraphone. Saya yang masih asing dengan merk ini membuat saya lebih serius memperhatikan penjelasan dari mas Aryo. Ia kemudian melanjutkan tentang inovasi yang dilakukan OPPO F1s Selfie Expert ini. Penasaran kan? Ini akan saya tuliskan satu per satu dibawah ini:

1. Fitur Beautify Pertama pada Smartphone.
2. HDR dan High speed video recording. 
3. Yang pertama menggunakan kamera berputar otomatis
4. Sistem isi ulang cepat, VOOC flash charge.
5. Screen flash technology 
6. Pixel level optical image stabilizer 
7. Super VOOC flash charge.

Banyak sekali keunggulan dari OPPO F1s Selfie Expert new edition ini. Terutama pada bagian kamera. Untuk kamu yang penderita selfie akut, sudah pasti cocok banget sama ini. Ini bisa membuat kulitas foto selfie mu semakin keren.


Sesi pertama pun selesai dan kemudian dilanjutkan ke sesi kedua oleh Kristian Tjahjono selaku managing editor Yangcanggih.com. ia menjelaskan tentang bagaimana cara agar menghasilkan kualitas foto yang bagus hanya dengan menggunakan ponsel. "Selfie itu tidak melulu tentang menampilkan muka kita, yang paling penting sebenarnya tentang bagaimana kita bisa menangkap sebuah momen", kurang lebih yang diucapkan oleh mas Kristian. 

The best camera is the one you have with you. - Case Jarvis

Sembari menampilkan satu per satu foto hasil bidikannya yang diambil melalui ponsel, ia juga turut menjelaskan tentang foto tersebut. Hasilnya pun luar biasa, tidak kalah bagus dengan hasil yang didapatkan dari kamera sejenis DSLR. Ia juga menampilkan foto yang telah dicetak dan hasilnya memang luar biasa untuk kelas mobile photografi.

Setelah sesi kedua selesai dilanjut dengan makan siang. Saya yang dari tadi sudah menahan lapar langsung mengambil makanan untuk disantap. Salah satu hal yang saya suka kalau mengikuti acara seperti ini yaitu bisa makan enak. Kapan lagi coba, di kontrakan paling makan mie campur nasi atau nasi campur mie. Dibawah ini foto makanan yang diambil oleh temena-teman peserta yang ada di lokasi, mungkin karena kelaparan jadi saya tidak sempat foto-foto makanan.




Perut pun sudah kenyang kemudian kami melanjutkan ke sesi berikutnya. Disini saya baru sadar cewek yang dari tadi bolak-balik di belakang ternyata membawakan materi di acara ini. Namanya Kartini Bonang,  seorang jurnalis di Kompas khususnya di bidang teknologi. Di acara ini ia menjelaskan tentang cara mudah membuat vlog hanya dengan menggunakan ponsel. Semua peserta disini memang hanya seorang blogger, tapi saya perhatikan semua tampak antusias memperhatikan penjelasan demi penjelasan yang dipaparkan mengenai vlog. Sesekali kami juga menonton vlog yang dibuat mbak Tini ketika datang ke Makassar, berkunjung ke beberapa tempat wisata bersama tim dari OPPO Indonesia.


Berbicara tentang vlog sendiri saya sebenarnya cukup menikmati. Saya juga sering menonton vlog-vlog seperti miliknya Skinny Indonesian 24, Chandra Liow, Agung Hapsah, Kevin Anggara, Luluk Anggriani, Juliana Stephani dan tentunya masih banyak lagi. Bahkan  saya sering nonton vlog milik Pewdiepie walaupun saya sendiri kurang lancar berbahasa inggris, itung-itung sebagai pembelajaran tentang listening. Saya sendiri kapan mau mulai ngevlog? Entahlah, ngeblog aja dulu.

Tiga sesi telah berakhir, waktunya games. Pertama tantangan dari mas Kristian, kami semua peserta diberi kesempatan untuk menggunakan langsung OPPO F1s Selfie Expert lalu kemudian mengambil gambar sebagus mungkin. Semua peserta langsung mengambil makanan kembali tapi bukan langsung untuk dimakan, tapi untuk di foto terlebih dahulu. Saya yang masih awam masalah seperti ini cuman menjadikan momen seperti ini untuk foto-foto lalu kemudian di upload di media sosial. Lumayan kan punya foto hasil kamera OPPO F1s Selfie Expert. Ada satu games lagi, ini tantangan dari mbak Tini. Dimana kami ditantang untuk membuat vlog tentang keadaan acara yang sedang  berlangsung. Saya tidak ikutan, jadi dari pada bosan saya mengambil makanan dan kemudian cerita-cerita sedikit sama teman dari media, kebetulan dia juga gak ikut.

Sedang mencoba memotret gambar menggunakan OPPO F1s Selfie Expert
Games telah berakhir dan pememangnya langsung diumumkan. Ini sekaligus menutup semua sesi yang ada di acara ini. Acara berakhir dan semua sudah bersiap keluaran ruangan, saya pun juga beranjak keluar. Di depan gerbang sudah ada cewek cantik yang menyambut untuk menukarkan smartphone yang dipinjamkan di ruangan tadi dengan goodie bag. Serasa mau bilang "Tidak usah ditukar mbak, saya ambil smartphone-nya saja". Hehehe...

Sebelum kami semua meninggalkan lokasi, kami diajak untuk selfie bersama dengan seluruh peserta dan tim dari OPPO Indonesia. Ini acara yang sangat keren dari OPPO yang sekaligus menjadi acara pertama saya di tahun 2017 ini. Banyak pengalaman seru yang didapatkan khususnya dalam menggunakan kamera dari OPPO F1s Selfie Expert.



Menjelang pukul 5 sore saya kembali pulang ke kontrakan. Ini sugguh menjadi pengalaman yang berkesan dan tentunya banyak manfaat yang didapatkan. Pesan saya sih sering-sering buat acara seperti ini di Makassar. Hehehe... Terima kasih OPPO.


12 comments:

  1. OPPO ORA EMAN DUITE? WKWKWK
    Oppo sini ke Jogjaaaaa

    ReplyDelete
  2. nice pengalaman gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. oppo hp yg sekarang menjadi tren :v kalau kameranya 16mp wow :)

    ReplyDelete
  4. ke bandung kira2 datang ga ya acara oppo selvinya hehe ,, pengguna oppo miror kebetulan :D

    ReplyDelete
  5. pengalaman yang menarik gan bisa datang ke acara tsb. saya kapan ya?

    ReplyDelete
  6. Wah mantep banget gan ikut acara OPPO Phone :O

    ReplyDelete
  7. Oppo makin kren aja sekarang padahal tahun berdirinya 2004 jauh beda dengan Samsung dan apple..
    Sekarang sudah bisa menyaingi smarphone yang unggulan.
    ..oppo mantap kamera

    ReplyDelete
  8. Acara Oppo yang sebelumnya ada, lho thn lalu Kali ndak salah. Mukhsin ndak ikut, yah?

    Eh, kita belum pernah bertegur sapa di dunia nyata ya Mukhsin? Aih Mukhsin ka ndak tegur2 ki' ��

    ReplyDelete
  9. Bening2 banget hasil fotonya. Keren lah Oppo ngadain event-nya sampai ke Makassar. Ngevlog memang mesti dipelajari juga walau fokusnya di blog.

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.