January 12, 2017

Tips Kuliah Seru bagi Mahasiswa Baru di UPH

Tips Kuliah Seru bagi Mahasiswa Baru di UPH

Satu setengah tahun yang lalu, itu adalah masa dimana saya mulai mengenyam bangku perkuliahan. Dimana saya memasuki jenjang yang merupakan babak baru dalam hidup saya dan bakalan bertemu dengan hal-hal yang baru dan belum pernah saya rasakan di bangku SMA.

Sekarang ini, saya telah semester 3 dan tidak lama lagi akan beralih ke semester 4. Tentunya banyak pengalaman baru yang saya dapat. Contohnya, dari hal yang paling sederhana yaitu saya gak perlu lagi bangun pagi-pagi, pakai seragam dan takut dihukum guru-guru karena kamu terlambat. Well, dunia perkuliahan memang sepertinya menyenangkan. Tapi ingat, jangan sampai kuliahmu terabaikan dengan hal-hal yang lain.

Tidak lama lagi akan kembali dimulai tahun ajaran baru, bagi kamu yang akan menjalani masa-masa kuliah kamu di Universitas Pelita Harapan (UPH), ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum kamu mulai masa kuliah kamu. Check it out!

1. Cari Teman Sebanyak-banyaknya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah perluas pertemananmu. Jika di SMA kamu punya geng sendiri dan kamu cuma hangout dengan teman-teman kamu yang itu-itu saja, sudah saatnya kamu mengubahnya. Di kampus, kamu harus mulai mengenal banyak orang dan memperluas pergaulanmu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak informasi dan bahkan tukar pikiran soal mata kuliah atau topik tertentu yang sedang dibahas oleh dosenmu.

Dengan memiliki banyak teman tentunya juga akan memberikan manfaat ke diri kamu sendiri. Terutama ketika kamu mengalami masalah, baik tentang perkuliahanatau tentang kehidupanmu sendiri. Dengan itu, teman pasti akan membantu. Meski tidak semuanya, pasti ada salah satu yang benar-benar tulus membantu dan tidak segan memberi nasehat yang berguna untuk kedepannya.

2. Hilangkan sifat malas dan suka menunda pekerjaan

Jika kamu pas SMA masih suka malas dan menunda pekerjaan, terutama tugas, sekarang sudah saatnya untuk buang jauh-jauh sifat tersebut. Di kampus nanti, kamu tidak akan dihukum kalau tidak mengerjakan tugas atau bahkan bolos tanpa alasan, gak akan ada dosen-dosen yang mencarimu ketika kamu tidak hadir di mata kuliahnya. Kebanyakan dosen-dosen itu tidak peduli.

Tapi hal seperti itu akan mempengaruhi aktivitas akademik kamu di kampus. Dosen tersebut dengan senang hati akan memberikanmu nilai C bahkan E hanya karena kelakuanmu. Jadi, buat kamu yang ingin lulus dengan hasil memuaskan, sudah saatnya kamu merubah diri kamu sendiri.

3. Mulai Aktif Dalam Kegiatan di Kampus

Salah satu cara paling ampuh bagi kamu yang ingin selalu update dan ngehits dikampus adalah dengan selalu aktif dalam kegiatan kampus. Dengan cara ini juga, kamu bisa menambah teman-temanmu, kamu juga bisa selalu update informasi dan wawasanmu.

Ada banyak organisasi atau UKM yang cocok untuk mengambangkan bakat dan minat kamu. Tinggal pilih saja mana yang membuatmu tertarik. Gak usah masuk ke semuanya juga, jangan sampai nilai akademikmu berpengaruh karena terlalu disibukkan dengan kegiatan lain seperti ini.

4. Cari Akomodasi Dekat Kampus

Hal ini memang terdengar sepele, tapi ini penting juga lho buat kamu yang tinggal jauh dari kampus. Nah, buat kamu yang senantiasa aktif dikampus dan punya banyak kegiatan, kamu sebaiknya mencari akomodasi atau tempat tinggal di dekat kampus sehingga kamu lebih mudah mengakses kampus kamu dengan cepat.

Bagi kamu mahasiswa baru UPH yang akan menjalani masa kuliah seru kamu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyewa apartemen sebagai salah satu opsi kamu dalam menyewa tempat tinggal. Eits, gak selalu mahal lho. Kamu bisa mengakalinya dengan sharing apartemen dengan teman-teman kamu, atau cari di online. Ya, di Travelio.com, kamu bisa menemukan beragam pilihan sewa apartemen di dekat UPH dengan fasilitas lengkap, dan pastinya harganya pas untuk kantong mahasiswa kamu. Nah, untuk semakin mudah, kamu bahkan bisa berinteraksi langsung dengan pemilik properti di Travelio.com untuk menawar harganya secara langsung. Oke banget kan? Jadi, segera sewa apartemen dekat UPH di Travelio.com dan dapatkan penawaran menariknya cuma hari ini! Klik disini.

23 comments:

  1. Intinya cari relasi sebanyak2nya :))

    ReplyDelete
  2. Organisasi juga penting. Bayak manfaatnya.

    ReplyDelete
  3. Dunia kampus memang dunia yg penuh tantangan, sayang kalau dibiarkan begitu saja mengalir kayak air..mesti rasain gimana menantangnya jadi mahasiswa.
    Hehe

    ReplyDelete
  4. Wow sharing apartemen. Dari sisi keamanan, apartemen memang lebih baik sih biasanya. Ya, ada plus minus-nya juga lah apapaun itu.

    ReplyDelete
  5. biaya hidupnya yang perlu dipikirkan...

    ReplyDelete
  6. semoga ilmunya manfaat dan membawa berkah bro sukses dunia akhirat aamiin.. mantap yah Travelio semoga makin irit pake itu

    ReplyDelete
  7. Kuliah di UPH?? Gw musti jual diri buat bayar SPP-nya.....

    ReplyDelete
  8. Nah, Mukhsin pastinya sudah mempraktikkan tipsnya :)

    ReplyDelete
  9. Belum pernah lihat yang namanya UPH, dengar-dengar emang mahal biayanya hihihihi

    ReplyDelete
  10. wow anak UPH toh kang :) masih unyu2 yah baru sem.4, tapi bener masa sma sama kuliah tu beda banjet maka pinter2 kita biar bisa adaptasi :)

    ReplyDelete
  11. Memang yg terbaik adalah seperti kata pepatah: Do what you can do today, don't wait until tomorrow. Mksh kunjungan herva ke blog bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cucuku Mukhsin, maaf ya Laptop kadang-kadang suka error. Ini komentar yang betul: Memang yang terbaik adalah seperti kata sebuah motto: :Do what you can do today, don't wait until tomorrow." Prinsip yang harus diterapkan buat para mahasiswa/i, heh... Blognya keren banget.

      Delete
  12. aku kangen masa2 kuliah baca ini ;p... kangen ama temen2 dari berbagai negara dan dosen2 bule yg asyik2 :D... bukan di UPH sih, tapi semua kampus samalah, pasti ngangenin dan baru terasa saat udh lulus :)

    ReplyDelete
  13. Sharing appartemen jalan buat menghemat ya, asal dapat teman ngontrak yang asik buat belajar dan tinggal bareng :)

    ReplyDelete
  14. Sering sering ke blogku yah heheheh

    ReplyDelete
  15. Saya udah jalanin tips ini pas awal masuk kuliah. lumauan lah jozzz

    ReplyDelete
  16. Organisasi juga sangat penting buat modal kerja setelah lulus kuliah, jangan cuma kuliah doang...

    ReplyDelete
  17. asli biaya hidupnya yang harus dipikirkan banget inimah

    ReplyDelete
  18. Nomor dua jangan sampai menyinggahi kita bahaya kalau terkena sifat malas akhirnya kuliahnya gak beres beres padahal tinggal 1 semester

    ReplyDelete
  19. kalau awal awal mah emang semangat dan temennya juga rasanya enak , makin kesininya pasti ga enak , haha

    ReplyDelete
  20. Tipsnya bagus gan. Cuman di kuliah saya untuk aktif kegiatan susah gan, soalnya belajarnya di pokjar (bukan kampus). Dan yang sering saya lakukan kalau masalah tugas, ya menunda-nunda ngerjain. Malah mentingin ngeblog, hahaha.

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Kontak:


mukhsinpro@gmail.com

Alexa Rank

Copyright