December 22, 2016

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain


Sekitar empat bulan yang lalu, tepatnya pada bulan Oktober saya memutuskan mengubah domain blog saya untuk menggunakan top level domain. Salah satunya alasannya karena saya merasa kegiatan blogging ini akan saya jalani dengan lebih serius kedepannya. Walaupun pada awalnya yang saya tuliskan di blog ini hanya sebatas curhatan untuk seseorang, tapi lama-kelamaan rasanya menjadi begitu seru. Berbagi pengalaman dan pengetauan saya sendiri ke berbagai medium di masyarakat. Banyak ilmu dan pengetahuan baru yang saya dapatkan serta banyak kesempatan yang bisa saya ikuti berkat blog ini.

Saya yang notabenenya berasal dari desa selalu dianggap oleh teman-teman saya kalau kegiatan yang saya lakukan ini adalah sesuatu yang kurang kerjaan. Di saat yang lain sibuk bekerja di usia dini, sibuk di organisasi, nongkrong di pinggir jalan, balapan liar, dan masih banyak lagi yang pada umumnya anak muda lakukan, saya malah lebih sering menghabiskan waktu di depan laptop dan menjalani hobi saya yang lainnya. Saya sering mencari di internet maupun media sosial tentang komunitas blogger yang ada di daerah saya, namun ternyata belum ada sama sekali. Ada beberapa juga yang saya dapat blogger yang berasal dari daerah saya, hanya saja mereka kurang konsisten menjalaninya. Hanya ada beberapa tulisan yang terposting yang saya rasa hanya untuk memenuhi tugas mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Barulah pada saat saya diterima kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Makassar, saya menemukan di grup facebook beberapa blogger yang tergabung dalam komunitas Blogger Makassar yang mereka sebut dengan nama Anging Mammiri. Saya kemudian meminta untuk bergabung dan saya lumayan kaget. Saya merasa kurang percaya diri karena rata-rata blogger yang ada di dalam grup itu sudah menjalani kegiatan blogging ini bertahun-tahun. Tulisan-tulisan mereka pun bagus dan tentunya punya kualitas untuk dibagikan. Mulai dari itu saya balajar mengubah template blog agar terlihat lebih menarik seperti mereka, namun ternyata belum cukup sampai disitu, satu hal lagi agar saya terlihat seperti mereka ialah dengan menggunakan top level domain .com atau .net, domain berbayar.

Tapi sebelum saya menggunakan top level domain, terlebih dahulu saya harus belajar menulis dengan baik. Saya ingin memperbaiki tulisan saya agar lebih berkualitas. Sampai suatu ketika, ada pembukaan kelas menulis oleh beberapa blogger top di Komunitas Blogger Makassar itu yang mereka namakan Kelas Menulis Kepo, hingga akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar. Beberapa hari kemudian saya mendapat e-mail bahwa saya diterima bergabung dalam kelas menulis tersebut bersama 10 orang lainnya. Penentuan tanggal pertemuan perdana telah ditetapkan, saya kemudian datang dan anehnya dari 9 peserta yang datang hanya saya sendiri seorang pria, satu orang peserta lainnya juga pria tapi dia berhalangan hadir, beruntung semua guru disana itu pria.

Salah satu hal yang membuat saya cukup percaya diri di kelas tersebut karena semua peserta belum ada yang menggunakan Top Level Domain, kalau gurunya sendiri pastinya sudah menggunakan Top Level Domain (gengsi dong). Tapi tetap satu hal, saya masih sangat kurang dalam masalah kualitas tulisan. Beberapa bulan kemudian, kelas menulis tersebut sampai pada pertemuan terakhir. Walaupun waktu itu saya tidak bisa hadir berhubung masa libur semester telah tiba, saya lebih memilih untuk kembali ke kampung halaman lebih dulu karena perasaan rindu yang sudah tak tertahankan.



Sampai di kampung, saya merasa banyak pelajaran lain yang saya dapatkan berkat blog. Mulai dari bertemu teman baru, ilmu baru, kesempatan baru dan tentunya tempat nongkrong baru. Sesuatu hal yang belum tentu saya dapat di bangku kuliah. 

Mulai saat itu saya kemudian sangat berkeinginan untuk menggunakan Top Level Domain di blog saya. Saya kemudian cari di internet tentang jasa penjualan top level domain, ternyata banyak. Saya sampai pusing mau memilih yang mana. Semuanya juga menyediakan domain dengan kisaran harga seratus ribuan. Salah satu jasa penyedia layanan penjualan Top Level Domain yaitu Dot com for me, perlu diketahui top level domain ini juga terdiri dari beberapa macam, mulai dari .com, .net, .org, .info, .id, .biz dan masih banyak lagi. Tetapi yang paling populer digunakan para blogger adalah .com atau .net. 

Lama saya menabung uang hingga akhirnya terkumpul untuk pembelian domain. Saya memilih untuk menggunakan domain .com karena saya rasa itu lebih familiar. Setelah melakukan pembayaran, sampai pada tahap custom domain. Pada awalnya saya bingung caranya bagaimana, berkat om Google custom domainnya pun selesai. Akhirnya saya menggunakan Top Level Domain, blog saya kini bukan blog gratisan. Tertawa saya dalam hati. Saya kemudian langsung menuliskan di blog saya dengan judul “Akhirnya Beli Domain”.



Setelah saya menggunakan top level domain, ternyata ada banyak perbedaan yang terjadi. Untuk lebih memperjelas, saya akan menjelaskan hal berikut di bawah ini.


1. Mudah Terindex di Mesin Pencari


Apabila dibandingkan antara blog yang berdomain gratisan dengan blog yang menggunakan domain berbayar maka yang akan lebih mendominasi di mesin pencari pastinya blog yang menggunakan domain berbayar. Saya pun merasakannya langsug setelah menggunakan domain berbayar pengunjung blog saya juga bertambah dan bersumber dari Google.


2. Mudah Diingat


Dengan menggunakan top level domain, berarti sub domain gratisan yang ada di belakang domain kita otomatis hilang. Dengan itu domain blog kita menjadi lebih pendek sehingga lebih mudah untuk diingat. Jadi orang juga makin cepat menulis alamat blog kita saat mereka ingin berkunjung.


3. Terkesan Profesional


Menggunakan Top Level Domain akan membuat blogmu lebih profesional. Apalagi kalau tulisan kita sudah memang berkualitas maka orang-orang akan beranggapan bahwa blog yang kita gunakan dikelola secara profesional, karena pemilik blog sudah mengeluarkan biaya alias bukan gratisan.


4. Dilirik Brand Terkenal


Di jaman sekarang ini, banyak sekali perusahaan besar atau pemilik brand terkenal menggunakan jasa para blogger untuk mempromosikan produknya. Tiap perusahaan itu pun juga memiliki masing-masing cara yang berbeda, seperti review produk, endorsement, atau dengan mengadakan sebuah lomba. Kriteria masing-masing perusahaan pun berbeda-beda, dengan menggunakan tol level domain, itu menjadi nilai tambah bagi blog kita terhadap perusahaan sehingga blog kita lebih memikat tentunya.


5. Lebih Percaya Diri


Sama seperti kisah saya di atas sebelumnya, setelah menggunakan domain berbayar saya menjadi lebih percaya diri mempromosikan artikel saya ke berbagai media sosial dan grup yang ada. Dengan percaya diri saya juga mengubah foto profil facebook saya dengan tulisan link domain blog saya sendiri. Bahkan kedepannya saya berencana memamerkan domain blog saya dengan membuat link alamat blog saya yang di cetak di baju kaos. Ngapain gue malu, I'm blogger!


6. Semakin Serius Ngeblog


Walaupun saya hanya seorang pendatang baru di dunia blogging. Satu tahun lebih ini saya menganggap bahwa yang saya sedang lakukan ini perlu dilanjutkan lebih serius. Kedepannya saya ingin membuat konten yang lebih beda dari apa yang buat sebelumnya. Lebih fresh. Sesuatu yang baru. Yang mungkin belum pernah dibuat oleh orang lain.

Melihat berbagai keunggulan di atas, masih mau pakai domain gratisan? Saran saya lebih baik hijrah secepatnya. Sekarang sudah waktunya untuk menggunakan top level domain dari dotcomforme. Tidak perlu ragu, sudah ada ribuan orang yang menggunakan layanan dari dotcomforme untuk blog atau bisnis mereka. Apalagi banyak promo menarik untuk mendapatkan potongan harga di setiap produknya. Berkunjung segera di http://dotcomforme.com dan rasakan sendiri perbedaan yang terjadi pada blogmu kemudian sorakkan dengan lantang #DotComForBlogging (Hehehe... Efek aksi 212 kemarin).
 https://competition.dotcomforme.com

*Artikel ini diikut sertakan dalam lomba #DotComForMe

14 comments:

  1. Kalau pengalaman saya terindeks mungkin lebih dahulu yang di blogspot mas, namun untuk TLD memang terlihat lebih profesional karena banyak yang menggunakan. Akibatnya lebih enak di dengar dan diucapkan...

    ReplyDelete
  2. Memang tld itu lebih profesional, pastinya banyak kelebihan didalamnya apalagi kalau mau serius ngeblog.visit back mediatoh.com

    ReplyDelete
  3. Memang tld itu lebih profesional, pastinya banyak kelebihan didalamnya apalagi kalau mau serius ngeblog.visit back mediatoh.com

    ReplyDelete
  4. Hm.. ternyata banyak kelebihannya, tak sia-sia punya domain top seperti dot com

    ReplyDelete
  5. Supaya ngeblog nggak dianggap sebagai "nggak ada kerjaan" alias wasting time doang, berarti kitanya yang mesti ngebuktiin kalo ngeblog itu busa menghasilkan, ya.

    ReplyDelete
  6. lebih profesional dan terpercaya kalau blog pake domain premium
    semangat lombanya gan, semoga menang :D

    ReplyDelete
  7. Kalo yang gratisan bagus gak?

    ReplyDelete
  8. Emang sih lebih profesional gitu tapi biayanya itu loh.

    ReplyDelete
  9. kalau tujuan saya pakai TLD biar mudah diingat gan sama visitors

    ReplyDelete
  10. Bener banget gan... Sy juga pake tld . Hehehe. Surgablogging.com semoga berkah aja ya ?

    ReplyDelete
  11. Aku pakai dot com sudah 2 tahun lalu, banyak job review dan biar terpacu semangatnya untuk tetap ngeblog :)

    ReplyDelete
  12. Anging Mamiri beberapa saya kenal 😁 mereka2 hebat2 dan humble kok. Yes, dot com bikin saya jadi makin pede untuk branding

    ReplyDelete
  13. pakai domain .com lebih semangat ngeblog bro, tapi semuanya tergantung niagnya juga sih:D

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Find me on Twitter:

Alexa Rank

Copyright