November 16, 2016

Tips yang Harus Dilakukan Saat ke Indonesia Wilayah Timur


Sebagai penduduk asli Indonesia dibagian timur, saya merasa sangat bahagia, oleh karena berbagai kekayaan alam yang dimilikinya. Mulai dari daerah pesisir hingga daerah pegunungan semuanya tampak sangat indah. Akan sangat ganjil rasanya jika kalian seorang traveller namun belum pernah berkunjung ke Indonesia wilayah timur.

Mengunjungi Indonesia bagian Timur merupakan impian banyak warga yang tinggal di bagian Barat. Bagaimana tidak, di sana ada banyak sekali wisata alam yang dapat dikunjungi dan menjadi perbincangan orang dengan julukan surganya Indonesia. Ada Raja Ampat, Pulau Komodo, Banda Neira, dan masih banyak lagi yang bisa dikunjungi. Namun, terbatasnya budget kita kadang menjadi salah satu kendala terbesar sehingga sulit ke sana.

Untungnya di zaman yang urusan teknisnya semakin mudah ini, kita bisa memesan tiket pesawat Sriwijaya Air dengan beli tiket Sriwijaya air murah di Traveloka. Memilih pesawat yang tepat akan memudahkanmu selama perjalanan, so pastikan kamu mendapatkan maskapai yang nyaman saat memesan nanti.

Nah, sebelum memberangkatkan diri untuk traveling ke wilayah Timur, ada baiknya memerhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Bawa Gadget Seminimal mungkin

Kita mau berlibur menikmati pemandangan di sana, bukan? Maka tinggalkan seluruh gadget-mu dan bawa saja yang paling penting ; telepon genggam dan kamera. Tidak perlu membawa laptop, kamera berlebih, ipad, atau apa pun yang dapat membuatmu jadi gagal fokus. Membawa terlalu banyak gadget juga menjadikanmu kesulitan untuk bergerak bebas karena harus menjaga mereka semua. Berbeda jika kamu seorang fotografer atau ke sana dalam rangka kerja, maka sah saja untuk membawa seluruh keperluan gadget milikmu. Yah, tapi sebaiknya sih tidak perlu membawa banyak ya. Nikmati saja perjalanannya.


2. Make a To do List

Buatlah catatan kecil mengenai barang apa saja yang akan kamu bawa. Sebaiknya tidak perlu membawa pakaian berat seperti linen dan jeans. Cukup bawa beberapa potong pakaian yang berbahan ringan dan mudah kering. Bahan tersebut akan mudah dibawa dalam tas dan meringankan beban bawaan. Selain itu tas bawaanmu akan lebih muat dimasuki banyak barang.pastikan membawa baju hangat juga baju tahan air. Siapa tahu di sana kamu ingin main air, kamu sudah menyiapkan pakaiannya! Sementara baju hangat, dalam kondisi cuaca apa pun, kamu tetap harus membawanya untuk jaga-jaga.

3. Persiapkan Jadwal Keberangkatan

Pastikan kamu mengambil cuti di waktu yang tepat, ya. Tepat bukan berarti saat kamu pas memiliki budget saja. Tapi kamu harus pergi dalam keadaan telah menyelesaikan tanggung jawabmu. Selain itu cocokkan juga dengan cuaca dan kondisi di kota tujuanmu.

Kita dapat mencari banyak referensi untuk tahu apakah di sana suasana sedang aman, lalu cuacanya apakah sedang ramah atau tidak, dan juga bagaimana kondisi kesehatan di sana. Semua harus diketahui sebelum memutuskan berangkat ke kota tersebut.Akan lebih baik, jika kamu memiliki kenalan yang berdomisili di sana untuk menemanimu selama berlibur ke sana.

4. Berlibur Bersama Kawan

Butuh liburan hemat? Ajak teman-temanmu untuk berlibur bersama. Dengan melakukan perjalanan secara bersama-sama, kamu dan kawanmu dapat membagi rata pengeluaran dan juga akan lebih hemat karena dapat share cost penginapan juga hal lainnya. Selain itu, liburan bersama-sama akan menjadi lebih ramai dan menarik!

5. Bawa Obat-obatan Pribadi

Setibanya di sana, akan ada banyak ragam pilihan makanan yang bisa kita coba. Nah. Ini seru tapi jadi was-was juga, bukan? Khawatirnya kita tidak cocok dengan menu makanan tersebut atau ternyata alergi, kita membutuhkan obat pribadi untuk segera menyembuhkan fisik kita. Tidak mau dong, datang ke sana dan malah sakit sehingga sulit untuk melakukan aktivitas liburan. Kamu juga bisa browsing terlebih dahulu jenis makanan apa saja yang kira-kira dapat dimakan di sana. Dengan begitu, kamu jadi lebih siap saat tiba di sana.

Akan lebih baik lagi jika kamu membuat itinenary sebelum melakukan keberangkatan. Bisa dimulai dari ingin pergi ke mana saja, akan ke berapa tempat, ingin mengeskplor apa saja, dan berapa budget yang kamu miliki. Cari juga teman yang paham jalan dan tahu medan di sana seperti apa. Tujuannya, agar kamu lebih siap dan lebih hemat karena tidak perlu tersasar ke berbagai tempat yang mengakibatkan pengeluaranmu bertambah.

Itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat berlibur di wilayah Timur Indonesia seperti Papua, Flores,dan masih banyak daerah lainnya. Jangan sampai kamu gagal menikmati eksotisnya wisata di sana karena persiapan yang kurang matang, have a nice trip!

39 comments:

  1. Wah bagus nih tips2nya , thanks yah ka sharinganx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sering-sering berkunjung yah.

      Delete
  2. saya sepakat sekali dengan poin yang pertama, dan itu juga sebenarnya g cuma kalau ke Indonesia bagian Timur tapi kemana saja agar kita bisa menikmati keindahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang saya tulis sebenarnya bukan hanya uuntuk ke Indonesia bagian timur saja.

      Delete
  3. Kalo liburan ke Indonesia timur itu waktunya main air dan leyeh-leyeh. Lupa semua utang sama kerjaan, hahaha

    ReplyDelete
  4. yang harus diperhatikan sih adat dan kebiasaan, nggak enak dong traveling eh malah dikatain gak sopan sama penduduknya :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu juga penting. Indonesia timur itu masih kental banget dengan adat dan budaya.

      Delete
  5. Wah tipsnya lumayan menarik... kalo gadget sih sesuai kepentingan biasanya... yang jelas kamera perlu banget dibawa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena momen yang indah itu harus selalu dipublikasikan.

      Delete
  6. wah artikelnya menggiurkan jadi pengin banget ke daerah indonesia timur tapi kapan ya semoga bisa kesanan (keyword blog uang)

    ReplyDelete
  7. Harus benar-benar matang ya kalo kita mau lburan ke sono, makasih nih udah ngebantu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus dipersiapkan dengan matang.

      Delete
  8. Berkunjung ke Timur memang mesti hunting tiket diskon dulu dan nabung2 untuk keperluan traveling lainnya. Makasar pun saya belum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang dong bu, nanti bisa ketemuan. Hehehe

      Delete
  9. Mantap nih maret ane mau study tour ke bali thanks tipsnya

    ReplyDelete
  10. Hm....Iya juga ya jangan kebanyakan bawa gadget malah jd gak jelas kan sdh ada kamera. Mau upload foto setelah plng ke rumah jd lebih leluasa. Eeh tp kapan yaa ada kesempatan buat kesannya...hm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung aja duu, kalau udah kekumpul silahkan berkunjung.

      Delete
  11. yang pasti budget yg pas siya :D takutnya bisa berangkat gak bisa balik kan susah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entar jadi gembel lo di kampungnya orang. Hahaha

      Delete
  12. memerlukan banyak perhitungan dan persiapan kalo berniat mau kesana...

    ReplyDelete
  13. mantap infonya gann ... sukses selalu :)

    ReplyDelete
  14. kayaknya akan lebih banyak bawa perlengkapan kamera deh, entah kenapa itu lebih penting :)



    eh ini blognya template baru ya?
    wah!
    kayaknya tempo hari berkunjung nggak begini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena dokumentasi itu penting kalau lagi traveling.

      Wah, pasti udah lama yah jarang berkunjung lagi, toh template ini udah lama dipake kok.

      Delete
  15. setuju sama point2 diatas. Nice info gan

    ReplyDelete
  16. Kalau menurut saya wisata di daerah bagian timur masih kurang berpromosi. Jadi tidak semua orang tahu tentang berbagai daerah wisata disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak banget keindahan alam yang bisa di explore disini. Kayaknya harus butuh promosi terus.

      Delete
  17. mantap banget nih tipsnya, lain kali ane coba tipsnya nih

    ReplyDelete
  18. satu lagi yang penting banget menurut saya klo jalan2, yaitu MP (manajemen perjalanan). ini paling penting buat saya soalnya ngebantu banget semuanya jd tertata

    ReplyDelete
  19. Waaaaa tq udah mau berbagi tips..
    Btw kapan2 ajak2 kalau mau ke indonesia wilayah timur..

    ReplyDelete
  20. makasih gan tipsnya mungkin sangat berguna kapan ane mau ke indonesia timur ehhe

    ReplyDelete
  21. Tips ny memang bgus nih.

    Namun sampai sekarang saya blum kesampaian buat ke sana gan

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Kontak:


mukhsinpro@gmail.com

Alexa Rank

Copyright