November 27, 2016

Bikin Komik itu Mudah


Baca judul di atas kok kayak sombong banget yah, terasa kayak ngeremehin banget. Eits!!! Tapi jangan salah, karena bisa jadi judul dengan makna akan berbeda. Jadi biar lebih paham baca tulisan ini sampai tuntas yah.

Dari kecil sampai sekarang entah kenapa saya masih suka dengan kartun, baik itu film maupun komik. Koleksi film kartun saya juga lumayan banyak. Saya pribadi bahkan lebih suka film kartun dibandingkan dengan sinetron atau drama yang lebih mengajarkan konsep berpacaran, berciuman, berpelukan dan lainnya. Kartun? Kata ini seolah menjadi kesan sebagai tontonan bagi anak-anak. Dan tidak bisa dipungkiri pasti ada saja orang yang mengatakan "Sudah besar kok masih suka dengan kartun!".

Tapi bukan itu masalahnya!

Beberapa hari kemarin saya belajar membuat desain kartun melalui laptop saya. Bagi saya ini merupakan sebuah hal yang baru yang saya jalani. Tanpa seorang guru sama sekali, saya melakukannya secara otodidak. Satu hal yang bisa saya andalkan yaitu Google. Saya bisa browsing berbagai macam tutorial yang lumayan bikin otak berputar-putar. Hasilnya bisa dibilang memuaskan untuk dipublikasikan ke media sosial.

Ini foto pertama yang pembuatannya menghabiskan waktu selama TIGA JAM!!!
Untuk pertama kalinya, satu buah kartun saya habiskan selama tiga jam lamanya berkutat dengan laptop. Awal-awalnya susah, apalagi dalam menarik garis satu ke garis yang lain. Tak jarang saya hapus kembali gambarnya karena terasa kurang bagus, masih ada yang kelihatan ganjil.

Telah lama kemudian, karakter yang saya pun selesai. Saya beri nama Mario, yang saya ambil dari bahasa mandar yang berarti "bahagia". Dengan harapan semoga kartun ini bisa menghibur siapa saja. Satu ciri khas dari karakter yang saya buat adalah sesuatu yang ada di bagian kepalanya. Saya berikan songkok khas adat daerah saya (lupa apa nama songkok tersebut). Pemberian songkok ini juga sebagai pengenalan tentang salah satu aksesoris adat daerah saya (padahal biar nggak ribet bikin rambut).

Sumber: http://www.kabarkami.com/
Dalam membuat komik ini saya tidak sendirian. Saya ditemani teman saya di kampus bernama Zainul. Kebetulan dia juga suka dengan kartun dan lumayan jago dalam hal gambar-menggambar. Bahan sambil kuliah, ketika dosen sudah sampai pada titik yang sangat membosankan, dia bisa menghibur diri dengan menggambar, itulah uniknya dia.

Saya kemudian mengajaknya, "Gimana kalau kita buat komik bro? Jadi nanti kamu yang buat draft-nya dengan pensil kemudian saya yang ngedit di laptop. Terus komik itu di upload di Instagram. Gimana?" (Kesannya kurang kerjaan sekali yah untuk kalangan mahasiswa yang pada dasarnya kritis dan suka berdiskusi tentang isu-isu sosial).

Tidak butuh waktu lama dia kemudian bersedia untuk kerja sama. Jadi dalam pembuatan komik ini dia yang secara penuh membuat draftnya dengan pensil. Sedangkan saya, bisanya cuman ngedit doang, saya nggak bisa menggambar. Hehehe...

Kalau kalian penasaran dengan kumpulan koleksi komik yang saya buat. Silahan lihat di akun Instagram Mario Komik. Jangan lupa follow agar kalian selalu lihat update terbaru dari Mario Komik. Atau bisa langsung ke link berikut: https://www.instagram.com/mariokomik/

CEK IG KITA YA SIST!
Berhubung judulnya, "Bikin Komik itu Mudah". Iya, memang mudah. Asalkan niat besar dan punya kemauan! Hehehe... Sudah dulu yah.

41 comments:

  1. itu pakai photoshop ya bro?

    ReplyDelete
  2. Wuih keren ne idenya.. semoga bisa jadi film suatu saat nanti

    ReplyDelete
  3. seandainya dibikin aplikasi untuk komik itu lebih menarik.

    ReplyDelete
  4. Kreatif nih, bikin komik sih mudah tapi desain karakternya gak mudah :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah eseringan jadinya akan mudah.

      Delete
  5. keren gan , lanjutin bikin komiknya sampai banyak episode biar punya penggemar :D

    ReplyDelete
  6. aku lebih tertarik sama songkoknya ah. Bolehlah aku dibuatkan songkoknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, jalan-jalan ke Polewali Mandar saja.

      Delete
  7. Kalo ane biasanya pakai Corel draw. Entah kenapa lebih gampang pake Corel. Tapi jujur, ane nyobain gampang2 susah. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, buatnya emang gampang-gampang susah gitu. Hehehe

      Delete
  8. wah.. jadi pengen ikutan bikin komik nih :-D

    ReplyDelete
  9. saya kira make corel kalo mau bikin komik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu saya buat pakai Photoshop jadi juga.

      Delete
  10. Wah aku baru tau gan,Ternyata buat komik itu gampang ya,nhice artikel gan

    ReplyDelete
  11. cara bikinnya bagaimana om, ane jadi pengen juga bikin komik

    ReplyDelete
  12. langkah awalnya harus dimulai dari mana dulu om untuk buat komiknya

    ReplyDelete
  13. Woaah, keren! Saya malah gak bisa sama sekali gambar komik. Ya, urusan suka kartun mah gak berdasarkan umur. Terus berkarya!

    ReplyDelete
  14. Wah lucu ni komiknya, masukin di webtoon ga?

    ReplyDelete
  15. Padahal bikin juga tutorial nya bro. Ahaha. Keren dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... Males bikin tutorial.

      Delete
  16. Mantaps gan... boleh juga tuh di coba, itu pakai photoshop versi berapa gan?

    ReplyDelete
  17. Wih.. makin rame nih dunia perkomikan instagram. Semoga banyak yg suka! :)

    ReplyDelete
  18. kudu pinter ngegambar atuh kang :D

    ReplyDelete
  19. kalau bikin sih gak begitu minat, tapi kalau baca maka aku sangat suka , lebih suka komik indonesia sih sebenarnya , seperti serial GARUDAYANA itu, sangat bagus makanya maju terus buat perkomikan Indonesia

    ReplyDelete
  20. Waw... Menurut saya sangat menarik untuk untuk dicoba. Makasih atas informasinya ya ? Moga aja bisa nerapin

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Kontak:


mukhsinpro@gmail.com

Alexa Rank

Copyright