October 12, 2016

Tips Ngeblog yang Sebaiknya Diabaikan


Jika ini pertama kalinya kalian berkunjung ke blog saya, Hello, nice to meet you. Tapi, jika kalian sudah sering berkunjung (baik ketika nyasar atau saat saya suruh untuk berkunjung), coba luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel yang saya bagikan kali ini.

Terkadang jika kalian mencari tips-tips seputar blogging di Google, maka akan sangat banyak hal yang bisa kalian lakukan. Kalian mungkin dengan polosnya akan mengikuti semua tips yang ada, namun tak banyak yang sebenarnya menjebak. Seperti biasa, sesuatu hal bisa berbeda pada setiap orang. Namun alangkah lebih baiknya jika kalian bisa menemukan cara kalian sendiri. Jadi, yang saya tulis ini adalah beberapa tips yang bisa kalian abaikan selama kalian ngeblog.

Posting Artikel Setiap Hari

Tentu saja dengan mengupdate postingan blog setiap hari maka akan meningkatkan penayangan blog kalian, setiap kalian bagikan di media sosial, orang pasti akan penasaran dan membuka link tersebut. Namun tidak sedikit yang kecewa dan berkata, “Artikel macam apa ini”.

Nggak mau kan pembacanya berpikiran seperti itu, makanya pada setiap postingan artikel itu yang terpenting adalah kualitas. Satu hal yang harus kalian tahu bahwa kualitas jauh lebih baik daripada kuantitas. Jika kau belum puas dengan tulisan yang telah kamu buat, jangan posting!

Buat Tulisan Yang Pendek

Berkaitan dengan yang pertama tadi, karena kalian ingin selalu mengupdate artikel setiap hari, jadi kalian tidak perlu membuat tulisan yang panjang, yang terpenting pesan yang kalian tersampaiakan.

Beberapa orang mungkin suka membaca tulisan yang pendek, beberapa orang pun sebaliknya. Ingat, kualitas yang utama. Jika pembaca kalian sudah tertarik dengan tulisan kalian, mereka tidak akan peduli panjang pendeknya tulisan yang kamu buat.

Menulis untuk Diri Sendiri

Saya berharap kalian memulai (atau ingin memulai) sebuah blog hanya untuk sekedar menikmati apa yang kamu lakukan. Bukan untuk medapatkan uang, kepopuleran atau beberapa followers di Instagram.  Jangan terlalu menuruti apa yang diinginkan oleh pembacamu, jadilah dirimu sendiri.  Tentu jika orang-orang berkunjung di blog kalian dan tertarik dengan tulisan kalian, mereka akan mengapresiasi (entah dengan cara apa).

Adakan Giveaway

Giveaway ini adalah semacam membuat kontes di blog Anda kemudian memberikan hadiah kepada para pembaca blog kalian, tapi dengan memberikan berbagai macam syarat dan ketentuan. Banyak blogger yang melakukan hal yang seperti itu untuk Salah satu syrata yang paling sering digunakan adalah mengikuti (follow) blog. Jika kamu menyuruh orang untuk mengikuti blog kamu, tentunya, kamu akan medapatkan follower. Alangkah lebih baiknya jika kamu mendapatkan follower karena memang mereka tertarik dengan tulisanmu, datang dengan alami, tanpa perlu mengajak orang-orang mengikuti.

Rajin Blogwalking

Sebelumnya saya perjelas, blogwalking itu adalah berkunjung ke blog orang lain kemudian meninggalkan jejak berupa kometar. Komentar di blog yang memiliki banyak pengunjung dan pembaca mereka akan menemukan blog Anda. Mungkin kamu akan dapat beberapa kunjungan jika berkomentar di blog orang, tapi itu sangat tidak layak. Kalian masih bisa menggunakan waktu untuk hal yang lain, membuat konten atau istirahat. Blogwalking cukup dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Maksud saya sederhana.

Jadilah Kontroversial

Terkadang orang berpikir untuk menjadi terkenal harus dimulai dengan cara kontroversial. Opini tersebut sudah ada sejak dulu hingga sekarang. Cukup buat blogmu lebih personal, mungkin kalian bisa membagikan sedikit tipa yang kalian tahu bukan ingin membuat orang terkejut.

Mungkin cukup sampai disini artikel saya, kalau ada yang kurang berkenan silahkan berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah ini. Komentar kalian sangat berguna untuk menuju ke arah yang lebih baik.

30 comments:

  1. Setidaknnya blog kudu rajin diisi dg konten menarik dan berkualitas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah rajin dan kontennya berkualitas, itu sudah luar biasa banget.

      Delete
  2. yang penting konsisten aja lah bikin konten. hehehee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsisten itu juga satu hal yang penting sebenarnya.

      Delete
  3. yang paling ane suka ya blogwalking. simpel dan enjoy teruss. hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering-sering blogwalking aja yah di blog saya. Hahaha

      Delete
  4. wah artikelnya keren, jd ambl plajaran : thankyuu

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat buat gua yg baru masuk dunia blogger! 😀

    ReplyDelete
  6. Nice to meet you too :)
    Yap, postingan yang berkualitas memang bikin pembaca merasa makasih banget. Tapi ya kudu diimbangi konsisten sih. Karena biasanya pembaca merindukan bacaan yg membuat rasa makasih banget itu.

    Makasih, postingannya keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah berkunjung. Nice to meet you too!

      Delete
  7. Aku kebeneran mengabaikan semua kok.. Hahaha.. *blogger macam apa* ya kite kan kerja, kalo ngeblog mulu mau makan traffic? Hehehe.. Peace.. Nice post anyway.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traffic sih nggak bisa dimakan, tapi traffic gede bisa ngundang makanan banyak.

      Delete
  8. tips yang sangat bermanfaat gan.. kalo kata ane sih yang penting banyakin artikel original dari diri sendiri dulu, masalah panjang pendeknya belakangan :D

    ReplyDelete
  9. Nomer satu sih memang quality of the content. Dan tentunya suatu konten yg kita suka dan kuasai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling bagus konten yang sesuai dengan apa yang kita kerjakan, hobi misalnya. Karena yang paling tahu banyak ya kita sendiri.

      Delete
  10. Nice post ya, emang kudu diabaikan semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abaikan yang memang harus diabaikan.

      Delete
  11. Memotivasiku banget,tingkatkan lagi um tulisannya :D

    ReplyDelete
  12. Sebenarnya, semua yang di sampaikan di sini, tergantung pada tujuannya, sih. Karena, setiap blogger punya tujuan tertentu dari ngeblog itu mau apa?

    Nggak masalah, sih, mau ngejar uang, reputasi, popularitas. Itu wajar. Karena manusia butuh pernghargaan.

    Nah, mengenai postingan harus setiap hari atau nggak, ya jawabnnya bagus setiap hari. Tapi... Kembali ke tujuannya tadi.

    Misalnya blog tersebut membahas tentang teknologi. Sebaiknya mau atau nggak, ya harus setiap hari. karena, teknologi setiap menit bahkan detik akan terus mengalami kemajuan.

    Nah, lain halnya kalo blog nichenya personal. Itu mungkin bisa setiap hari, bisa juga suka-suka. Karena, blog baru memang sangat disarankan membuat konten setiap hari dalam 1 minggu minimal.

    Tujuannya, supaya segera terbaca (teindex) oleh Google. Nah, setelah teridex, baru fokus lebih membuat konten yg berkualitas.

    Sebenarnya, kembali ke niat. Soal konten berkualitas bisa saja dibuat setiap hari. Tapi, ya memang waktu jadi kendala, sih. Nggak juga bisa dipaksakan.

    Kalo gue, sih. Kapan sempet ditulis.

    Btw, salam kenal, ya mas bro.

    ReplyDelete
  13. mampir balik di rumah aku , bukan penulis yang memang jarang nulis
    hehhe
    http://kecebongsalahgaul.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  14. Ya ampun nak, kamu masih muda tapi tulisannya bagus-bagus. Pasti sering baca buku yah? Keliatan kok orang yang hobi baca buku sama gak hobi. Dalam mengolah kalimat biar enak dibaca sama pembaca itu butuh banyak membaca. Terus nulis nak !

    Bener apa kata adek. Kalo nulis jadilah diri sendiri, gak usah niru-niru orang lain. Setiap orang punya kekhasannya masing-masing.

    ReplyDelete
  15. nice info gan, btw ane mau nanya nih gan, tombol home di samping profil itu gak ada link-nya ya?

    ReplyDelete
  16. mantap,, ingin jadi penulis tamu di suatu blog ? ayo ikutan jadi penulis tamu di Jurnaliscun.info caranya klik link berikut Web Portal Pendidikan

    ReplyDelete
  17. memang hal2 tersebut layaknya diabaikan saja, bisa merusak blog kita seiring berjalannya waktu,

    ReplyDelete
  18. Tema blog mu bangus bang??? Mau donk

    ReplyDelete
  19. Adain giveaway kayaknya menarik sama seru gan. Ane jg udah sering blogwalking hehe...takut gan kalo bikin yg kontroversial skrg kan udah ada uu ite gitu :(

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Kontak:


mukhsinpro@gmail.com

Alexa Rank

Copyright