September 7, 2016

Tentang Tujuan Hidup


Awal bulan September kemarin perkuliahan telah dimulai. Tanpa terasa satu tahun telah berlalu, sekarang saya sudah menduduki semester tiga. Dalam fase seperti ini bayang-bayang masa depan semakin mendekati. Akan jadi apa saya nanti? Tak ada seorang pun yang bisa menjawabnya. Karena takdir kita tak bisa ditentukan oleh orang lain.

Itulah mengapa pentingnya sebuah tujuan. Contoh sederhananya Messi tak akan bisa mencetak sebuah gol kalau tidak ada gawang. Dengan memiliki sebuah tujuan, kalian tidak akan pernah terperangkap dalam zona roda hamster. Terus berlari sekuat tenaga tapi tetap tidak memperoleh apa-apa, terjebak dalam siklus yang tidak bermakna. Pada pertemuan pertama perkuliahan kemarin, ada dosen saya yang juga menyinggung mengenai pentingnya mempunyai tujuan dalam hidup ini.

"Kalian harus punya tujuan dalam hidup, di usia 25 tahun kalau kalian belum jadi apa-apa atau bahasa kasarnya belum jadi manusia, kalian bukan termasuk generasi unggulan", tuturnya kurang lebih seperti itu.

Setelah dosen saya mengatakan itu, saya langsung mulai bermain-main dengan otak saya. Saya membayangkan tentang bagaimana jadinya saya nanti. Sekarang saya telah menginjak usia 18 tahun. Usia yang cukup matang untuk memulai memikirkan itu semua. Tentang pekerjaan, pendidikan, hubungan asmara, dan agama. Keempat aspek tersebut memang sangat penting. Alangkah lebih baiknya kalau kita sudah menentukan tujuan itu mulai dari sekarang.  Bukan malah menjadi orang yang seperti air saja, cuman bisa mengikuti alur. Saya sendiri sadar sampai saat ini saya belum meyakini tujuan itu. Tujuannya ada namun masih sering dibayang-banyangi oleh keragu-raguan.

Kini saya sedang kuliah mengambil jurusan Teknik Elektronika. Bayang-bayang masa depan masih belum jelas, prospek kerja apa yang natinya bisa dilakukan. Apakah saya akan jadi guru, atau melanjutkan pendidikan dan menjadi dosen atau malah menjadi yang lain-lain. Masih banyak yang harus dibenahi. Hidup ini tak bisa dijalani tanpa adanya rencana.

Mulai dari sekarang saya harus berubah, duduk berdiam dan merenung. Meluangkan waktu sebentar kemudian memikirkan apa yang hendak menjadi tujuan saya. Saya merasa memiliki tujuan itu sangat penting, agar kelak natinya kita tidak luntang-lantung kesana-kemari atau bahkan terjebak dalam zona roda hamster. Memang akan butuh waktu, karena saya sendiri sudah terbiasa melakukan banyak hal. Saya harus bisa memilih dan fokus.

20 comments:

  1. semua orang harus tahu nih tujuan hidupnya.. nice info gan

    ReplyDelete
  2. Tujuan hidup itu perlu.
    Manusia diciptakan untuk menyembah Allah dan menyempurnakan ketaatan kepada-Nya. (sudah tertulis di Al Qur'an).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada dalam Q.S Adz-Dzaariyat ayat 56.

      Delete
  3. kisah yang menarik gan menjadi inspirasi pasti bagi pembacanya

    ReplyDelete
  4. menginspirasi banget gan, jadi tambah semangat ngejar cita - cita nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tetap harus semangat mengejarnya.

      Delete
  5. Iya biasanya kan di saat kita memilih kuliah, ada target kita setelahnya. Saya pun dulu memilih sastra Inggris krn pingin jadi translator, biar someday saya bisa nyari duit di rumah, kalau ada kondisi (namanya perempuan) nggak bisa full kerja di luar rumah. Dan setelah lulus sampai sekarang saya malah jadi teacher dan sesekali "jual" tulisan. Tapi keinginan jadi translator itu msh ada. Ya setidaknya ada beberapa target, biar lebih fleksibel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu hanyalah tentang kesempatan. Mungkin kesempatan jadi guru lebih terbuka sehingga membuat kakak memilihnya.

      Delete
  6. berarti bikin otobiografi nih sob??
    "wee"

    ReplyDelete
  7. Setiap makhluk hidup itu pasti memiliki tujuan hidup agar tetap bertahan didunia ini :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan juga agar tetap[ semangat menjalani hidup.

      Delete
  8. menginspirasi banget gan, nice infonya dah

    ReplyDelete
  9. artikelnya sangat menginspirasi, langjutkan

    ReplyDelete
  10. wah, menginspirasi sekali tujuan hidup.

    ReplyDelete
  11. menginspirasi ane sekali, gan

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Find me on Twitter:

Alexa Rank

Copyright