August 20, 2016

Mulai Menjadi Kreator Konten

Sumber: http://www.harnas.co
Untuk menjadi kreator konten itu gampang gampang susah. Jika kalian tertarik untuk mencobanya, silahkan  Anda simak beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Topik yang Menarik


Anda mungkin dengan mudah bisa menjadi Blogger, menjadi Youtuber, membuat slide, membuat komik. Tapi isinya tentang apa? Apa yang akan jadi topik utama Anda? Inilah masalahnya.

Konten kreator harus punya sesuatu yang menarik. Salah satu hal yang bisa membuatnya berbeda dari yang lain dan membuatnya lebih menonjol. Tapi saran saya juga jangan terlalu ingin terlihat beda. Lakukanlah sesuai dengan diri kamu.

Walaupun karya yang kamu hasilkan mirip dengan kerya yang dibuat orang lain. Intinya selama kamu nggak menjiplak karya orang, kamu akan tetap terlihat berbeda. Akan ada sesuatu yang menarik pada tiap karya yang ada.

2. Utamakan Niat


Pada setiap kita ingin memulai sesutau haruslah juga disertai dengan niat yang tulus. Walaupun kita bisa dibilang nggak mahir dalam bidang itu, selama kita mencintai apa yang kita kerjakan, selama kita ingin terus belajar. Yakinlah semua akan berhasil.

"Nggak mahir" adalah alasan yang paling sering dipakai oleh para pecundang. Mereka nggak mau berusaha dan terus mencoba, atau mudah menyerah dalam mengembangkan skillnya. Mau tapi nggak mahir? Cuek aja man! Terus kembangkan minat Anda sering konten yang Anda kerjakan.

3. Cintai Apa yang Anda Kerjakan


Inilah sesuatu yang paling penting dalam menjadi kreator konten. Kita harus mencintai pekerjaan yang kita lakukan. Jangan pernah mengeluh atas apa yang Anda kerjakan. Malai dari sekarang ubah pola pikir Anda sebelum menjadi seorang kreator konten.

Cobalah untuk menghargai pekerjaan kita. Kalau kita sudah menghargai, pasti kita sudah bisa mencintai apapun yang kita lakukan. Cara yang bisa kita lakukan agar dapat mencintai pekerjaan kita adalah dari diri kita sendiri.

4. Bangun Sebuah Brand


Brand adalah sebuah nama yang ingin Anda gunakan untuk menyampaikan dan menyajikan konten-konten Anda. Contohnya website, akun media sosial, saluran Youtube, dan lain sebagainya. Sebagai mana brand saya sendiri adalah Mukhsin Pro. Kenapa Mukhsin Pro?

Mukhsin itu sendiri adalah nama saya. Sedangkan Pro hanya sekedar tambahan. Kayaknya kelihatan keren kalau ada nama belakangnya. Kata "Pro" itu sendiri juga terinspirasi pada berbagai jenis software yang lebih memiliki banyak keunggulan dari yang gratisan.

Contohnya Smadav itu aplikasi biasa dan gratis, tetapi Smadav Pro itu aplikasi berbayar. Pada Smadav Pro ini memiliki banyak keunggulan di banding yang versi gratisannya. Seperti itu! Saran saya untuk setiap akun yang Anda kelola, sebisa mungkin menggunakan nama Brand yang sama.

5. Jangan Perhitungan


Inilah salah satu kesalahan para calon kreator konten, mereka terlalu perhitungan masalah biaya pengeluaran. Mereka mau buat film pendek dan menghitung biaya yang dibutuhkan pada setiap film yang dibuat. Rental kamera, sewa lighting, sewa editor, sewa desain grafis, sewa Celsea Islan untuk penambah semangat, dan lain sebagainya.

Kalau dihitung akan sangat mahal. Buat jadi takut untuk berkarya, takut miskin duluan. Jangan mikirin masalah harga dulu deh. Banyak juga yang bisa Anda lakukan bermodalkan kamera HP dan Laptop. Faktanya sebuah karya dinilai dari kreativitasnya.

6. Mulai Berkarya


Jadi apapun konten yang Anda buat, Anda perlu meluangkan waktu untuk terus berkarya. Bermodalkan laptop dan koneksi internet Anda bisa memulai membuat blog, saluran Youtube Anda, dan posting karya-karya Anda secara rutin.

Mudah kan?

****
 
Menjadi kreator konten pun memiliki banyak manfaat untuk Anda. Di antaranya membuat Anda semakin kreatif tentunya. Ternyata gampang kan untuk menjadi seorang kreator konten?

26 comments:

  1. Terimakasih gan untuk saran dan infonya

    ReplyDelete
  2. Well, berani menyewa Chelsea Islan? :)

    ReplyDelete
  3. mantap banget gan saran dan infonya. gue jadi lebih termotivasi :)

    ReplyDelete
  4. jadi konten kreator juga bisa dapet keuntungan :D

    ReplyDelete
  5. thanks gan menambah inspirasi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sering-sering berkunjung yah.

      Delete
  6. Sangat bermanfaat. Terima kasih mas muhsin.

    Kritik saran saya tunggu di yusufsmukti.blogspot.com
    :)

    ReplyDelete
  7. Sumpah mas artikelnya keren, sudah saya baca semuanya. Terimakasih mas artikelnya saya anggap tips bagi saya sendiri, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sering-sering berkunjung disini yah.

      Delete
  8. yang gak kalah penting, perbanyak referensi dan kata dalam kalimat, bikin biar nggak bosen bacanya hhe

    ReplyDelete
  9. mudah sih gan, tapi melakukannya itu yang sulit..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kalau Shia LaBeaouf, "JUST DO IT!".

      Delete
  10. Iya noh, banyak log blogger yang gw liat pada bagus tulisannya. Cuman mereka sering gak konsisten dalam menulis. Padahal konsistensi itu penting banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, konsisten itu harus kalau kamu seorang blogger.

      Delete
  11. Wah nulisnya udah lumayan banyak nih. Gue liat blognya masih belum pasang komunitas blogger nih.
    Kenapa ga masuk ke komunitas blogger aja?
    Masuk komunitas bagus buat nambah temen + jaringan ngeblog juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di daerah saya belum ada komunitas blogger. Kasian yah.

      Delete
  12. Ini dia yang saya cari, di bookmark, kalau pas ada printer, mau sy print :D

    ReplyDelete
  13. bermanfaat. lanjutkan mas bro

    ReplyDelete
  14. Wahh ... lumayan gampang ternyata

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Find me on Twitter:

Alexa Rank

Copyright