May 4, 2016

Ngeblog itu Hanya Butuh Konsisten


Nggak terasa sudah masuk bulan Mei saja. Itu tandanya sudah hampir saya setahun mengurus blog ini. Mengasuhnya hingga menjelang ulang tahunnya yang pertama. Bulan Juni adalah bulan dimana tulisan pertama saya diposting. Berisi curhatan hari buat orang yang saya cintai (Eeea Eeea Eeea). Bisa kalian baca tiga postingan di awal-awal blog ini:
  1. 1. Satu Hal Dalam Dirimu
  2. 2. Doa yang Terpanjatkan
  3. 3. Rasanya Aku Pengecut
Hahaha... Sumpah nggak ada ide lain selain mau nulis tentang dia. Hingga akhirnya saya berfikir kayaknya seru kalau saya menulis tentang keseharian saya. Masa saya hanya menulis tentang dia, orang-orang kan juga mau tulisan yang beda. Tapi awal saya ingin memulai ide tulisan yang baru, ada banyak masalah yang saya temui. Akan saya jabarkan dibawah ini:

1. Yang pertama saya nggak terlalu pandai untuk menulis. Membuat 300 kata saja sudah ampuh buat sakit kepala. Saya membuat satu tulisan paling cepat pengerjaannya selama tiga hari.
2. Berikutnya apa yang mau saya tulis. Saya nggak tahu mencari ide tulisan. Lihat tiga tulisan pertama diatas, isinya curhatan semua. Apa semua postingan blog ini akan begitu semua?
3. Hidup saya terlalu datar. Apa yang bisa saya bagikan dengan hidup saya seperti ini? Beda dengan blogger pada umumnya. Saya sering iri sama orang yang suka jalan-jalan kemudian menuliskan perjalanannya yang biasa disebut Travel Blogger, sama orang yang suka makan-makan yang disebut Food Blogger, sama orang yang suka mode yang disebut Fashion Blogger, bahkan yang suka dandan yang disebut Beauty Blogger.
4. Saya nggak terkenal. Siapa yang mau baca tulisan saya coba? Sudah nggak pinter nulis, nggak dikenal pula. Sama seperti quote di film Marmut Merah Jambu-nya Raditya Dika, yang bukan siapa-siapa mana bisa jadi apa-apa. Ini yang membuat saya cukup minder.
5. Saya orangnya pemalu. Ini juga salah satu masalahnya. Bloggerkan orang yang suka pamer-pamer karyanya, apa yang dialaminya, apa yang dilakukannya. Sedangkan saya, ketika menggambar saja dan ibu saya tiba-tiba lewat di samping saya, pasti akan saya tutup. Saya nggak terlalu pede.
6. Sudah, cukup lima aja. Intinya banyak sekali masalah yang saya dapatkan sebelum memulai ini.
Seiring berjalannya waktu saya mulai belajar menulis. Apa saja yang bisa saya tulis, bagus atau jelek yang penting bisa posting sesuatu. Seperti halnya penulis yang masih sangat pemula, saya memulai dengan meniru. Berkunjung ke beberapa blog dan menulis dengan ide yang sama. Salah satu inspirasi saya selama ini adalah Kevin Anggara.

Setelah beberapa lama nggak update blog, hingga pengumuman kelulusan jalur SBMPTN dan saya lolos. Saya berfikir kayaknya seru nih saya buat tulisan, saat itu juga saya menulis dan jadilah tulisan saya yang ke-empat Kado Istimewa. Saya sudah mulai bercerita dengan topik yang berbeda. Coba saja baca, tulisan yang bahkan sangat sederhana.

Lambat laun saya terus belajar. Hingga masuk tahun 2016 dan saya mencoba untuk konsisten. Konsisten bisa memposting tulisan seminggu sekali. Tulisan apapun itu, yang penting saya posting sesuatu. Hingga saat ini saya sadar akan satu hal, menjadi blogger cukup hanya dengan modal konsisten.

Dari dulu saya memang konsisten, konsisten menulis tentang orang yang saya cintai itu. Tapi bukan soal itu, konsisten yang saya maksud adalah sering memposting tulisan atau sering update blog. Dulu saya sangat nggak konsisten, mau nulis sesuka hati.

Contoh lain yang membuktikan saya nggak konsisten adalah sering gonta-ganti nama blog, sering gonta-ganti url atau alamat blog, sering gonta-ganti template blog, sering gonta-ganti pacar? Heh?! Ini nggak termasuk, kalau masalah itu saya masih konsisten jomblo dan konsisten memperjuangkan orang yang dari awal jadi tulisanku di blog ini (Sekali lagi... Eeea Eeeaa Eeea)

Intinya untuk menjadi blogger cukup konsisten. Konsisten memposting tulisan Anda setiap hari. Banyak juga kok yang mau baca tulisan kamu (ini yang membuat saya cukup heran). Sering promo aja di media sosial. Banyak blogger pemula yang tumbang akibat mereka nggak bisa konsisten. Kebanyakan kesalahan para blogger pemula adalah cepat menyerah.

Satu hal yang kalian harus tahu; "Pada tahun pertama , IT'S GONNA BE HARD!"

Bisa dibilang saya sudah merasakan suka dan duka selama ngeblog ini, yang paling utama kalian harus bisa bertahan dan tetap konsisten. Hanya sesederhana itu. Selama hampir setahun ini saya ngeblog, banyak sesuatu yang saya dapatkan. Apa itu? Nantilah saya tulis di postingan lainnya, karena ini sudah cukup panjang juga.

45 comments:

  1. HIDUP Blogger Indonesia... semoga kedepannya jadi buku bro... hahaha amiin

    ReplyDelete
  2. Itu quotenya salah. harusnya 'yang bukan apa-apa mana bisa dapetin yang apa-apa'. Lagipula yang bukan apa apa bisa kok jadi yang apa-apa. Emang raditya dika sewaktu lahir langsung jadi orang yang apa apa? hehe.

    Anyway, blogger mah bawa santai aja. Write what you want to write. Tulis aja apa yang ingin kamu tulis. Kalau kamu mau nyenengin pembaca, konsepnya jadi write what you want to read. Tulislah apa yang ingin kamu baca. Jadi, pengunjung juga bisa enjoy kalau kamu sendiri udah bisa enjoy dengan tulisanmu.

    Konsisten emang sulit. Gue malah pernah ngerasain gak update blog 1 tahun gara-gara gak konsisten. Pengunjung yang asalnya rame jadi sedikit. Mulai lagi deh dari awal. Haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas koreksi dan sarannya, sangat membantu kak.

      Konsisten itu emang sulit yah.

      Delete
  3. Untuk mencari konsisten itu sangatlah sulit gan. . .

    ReplyDelete
  4. Nah ini yang selalu jadi kendala, konsistensi, susahhhhhh :D

    ReplyDelete
  5. Glek! 0_o
    Konsistensi, satu hal yang masih gue coba. Konsistensi... Mudah-mudahan sih ke depan gue bisa lebih konsisten ngurusin blog gue.

    ReplyDelete
  6. bener banget bro, konsisten emang susah apalgi sebagai siswa tingkat akhir kayak gw, pasti lgi sibuk sibuknya daftar kuliah, mana harus bimbel tiap hari. pokoknya konsisten itu emng susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. Moga lulus aja masuk kuliah.

      Delete
  7. Gue juga ga bisa nulis, yang gue bisa cuma konsisten. Tapi konsistensi nulis susah juga, sesusah ngupil pake centong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga sering berkunjung ke blogmu, postingannya hampir tiap hari malah.

      Delete
  8. Iya sih,apapun niche blognya kalau konsisten pasti hasilnya bagus :v

    cc : Moviendofilm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget.

      Postingan film di blogmu juga keren bro.

      Delete
  9. Hebat gan jika sudah konaisten seperti itu, jujur saja saya kadang kurang konsisten dalam mempoating artikel blog gan..

    ReplyDelete
  10. Ngeblog itu butuh waktu untuk memikirkan ide atau bahan topik yang akn dibicarakan hari ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya ide jangan langsung di posting, biar nanti kalau kehabisan ide tetap bisa posting sesuatu.

      Delete
  11. Konsistensi emang sangat diperlukan dalam segala hal biar hasillnya bagus termasuk dengan ngeblog. keren gan lanjutkan

    ReplyDelete
  12. Konsisten buat posting diblog, hehe

    ReplyDelete
  13. ngeblog itu harus di tlateni banget ya... jadi harus update terus setiap waktunya di blog. agar hasilnya maksimal..

    ReplyDelete
  14. Saya juga suka bingung mau nulis apa :( hahaha

    ReplyDelete
  15. konsisten memang paling susah gan

    ReplyDelete
  16. semangat trus untuk para blogger tanah air.

    ReplyDelete
  17. Saya pertama ngeblog tahun 2005... trus hidup mati hidup mati... bener-bener blogger angin-anginan... sekarang benar-benar memecut diri untuk jadi konsisten :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebentar lagi udah jadi mastah nih.

      Delete
  18. Dan yang pasti blog harus dijadikan salah satu hobi kita kalau ingin sukses di dunia blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, jadikan hobimu sebagai profesimu.

      Delete
  19. Jomblo fisabilillah hehehe. Semangat kakaks. Ngga usah iri dengan mereka yang jalan jalan. Karena itu adalah cara masing masing untuk dapet ide atau bahkan menghilangkan penat. Terpenting, semua hal disini kan ada hal yang bisa diambil pelajarannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kakak memang benar sekali.

      Delete
  20. Alhamdulillah udah ada penghasilan dari blog :D, pasti lah tetep konsisten terus buat artikel :*

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Kontak:


mukhsinpro@gmail.com

Alexa Rank

Copyright