May 31, 2016

Mengenal Keamanan Koputer

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Sistem Keamanan Komputer, disini saya akan menjelaskan tentang “SISTEM” berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. 

Kemudian kata yg kedua adalah "KEAMANAN KOMPUTER", Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

Menurut Garfinkel dan Spafford, ahli dalam computer security, komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Keamanan komputer memiliki 5 tujuan, yaitu:
  1. Availability
  2. Confidentiality
  3. Data Integrity
  4. Control
  5. Audit
Keamanan komputer memberikan persyaratan terhadap komputer yang berbeda dari kebanyakan persyaratan sistem karena sering kali berbentuk pembatasan terhadap apa yang tidak boleh dilakukan komputer. Ini membuat keamanan komputer menjadi lebih menantang karena sudah cukup sulit untuk membuat program komputer melakukan segala apa yang sudah dirancang untuk dilakukan dengan benar. Persyaratan negatif juga sukar untuk dipenuhi dan membutuhkan pengujian mendalam untuk verifikasinya, yang tidak praktis bagi kebanyakan program komputer. Keamanan komputer memberikan strategi teknis untuk mengubah persyaratan negatif menjadi aturan positif yang dapat ditegakkan. Pendekatan yang umum dilakukan untuk meningkatkan keamanan komputer antara lain adalah dengan membatasi akses fisik terhadap komputer, menerapkan mekanisme pada perangkat keras dan sistem operasi untuk keamanan komputer, serta membuat strategi pemrograman untuk menghasilkan program komputer yang dapat diandalkan.

Kemudian “SISTEM KEAMANAN KOMPUTER” sendiri menurut saya mempunyai arti  sebuah sistem yang digunakan untuk mengamankan sebuah komputer dari gangguan luar, virus. Spyware, tangan-tangan jahil pengguna lainnya dll . Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk mengamankan komputer kita? Anti virus tentu saja, karena komputer yang kita miliki bisa terjangkit virus yang datang dr luar dan seringkali yang menjadi ancaman untuk komputer kita adalah virus . Anti virus menjadi sesuatu yang hampir wajib dimiliki oleh setiap komputer, walaupun ke-sensitifannya dalam mendeteksi virus itu berbeda-beda . virus sendiri adalah sebuah program yang dapat berkembang atau dapat menggandakan diri. Dengan penggandaan diri tersebut mekanisme virus digunakan untuk berbagai jenis ancaman

keamanan sistem komputer, seperti: menampilkan suatu pesan tertentu, merusak file system, mencuri data, hingga mengendalikan komputer pengguna . Virus dapat menggandakan dirinya melalui email, file-file dokumen dan file program aplikasi .virus dalam sebuah email:
  • Tipe virus yang disisipkan di attachment email.
  • Jika attachment dibuka maka akan menginfeksi komputer.
  • Program virus tersebut akan mendata daftar alamat akun email pengguna.
  • Secara otomatis virus akan mencopy dirinya dan mengirim email kedaftar akun email.
  • Umumnya akan mengirim mass email, memenuhi trafik jaringan, membuat komputer menjadi lambat dan membuat down server email.
Jenis lain dari sebuah virus yang juga dapat menjadi ancaman adalah worm, yakni sejenis program yang bisa mengcopy dan mengirim dirinya via jalur komunikasi jaringan Internet. Pada umumnya menyerang melalu celah/lubang keamanan OS komputer. Worm mampu mengirim paket data secara terus menerus ke situs tertentu via jalur koneksi LAN/Internet. Efeknya membuat trafik jaringan penuh, memperlambat koneksi dan membuat lambat/hang komputer pengguna. Worm juga bisa menyebar melalui email atau file dokumen tertentu. Kemuadian ada lagi Trojan, suatu program tersembunyi dalam suatu aplikasi tertentu. Umumnya disembuyikan pada aplikasi tertentu seperti: games software, update program, dsb. Jika aktif maka program tersebut umumnya akan mengirim paket data via jalur internet ke server/situs tertentu, atau mencuri data komputer Anda dan mengirimkannya ke situs tertentu. Efeknya akan memenuhi jalur komunikasi, memperlambat koneksi,  membuat komputer hang, dan berpotensi menjadikan komputer anda sebagai sumber Denidal Of Services Attack

Tidak masalah anti virus apa yang anda gunakan, yang terpenting adalah selalu terupdate . Dan jangan lupa, anti virus yang baik memiliki fasilitas real time protection . Artinya tiap saat anti virus ini selalu melindungi kita, tidak menunggu perintah dari kita untuk scan HDD misalnya. Dan jika anda menggunakan e-mail client seperti outlook atau eudora, sebaiknya anti virus anda bisa berinteraksi dengan e-mail client tersebut .Selanjutnya yang perlu dimiliki komputer kita adalah anti spyware . Spyware adalah suatu program dengan tujuan menyusupi iklan tertentu (adware) atau mengambil informasi penting di komputer pengguna Karena memang sifat spyware dan virus ini berbeda, sehingga anti virus tidak bisa menangani spyware dengan baik . Spyware berpotensi menggangu kenyamanan pengguna dan mencuri data-data tertentu di komputer pengguna untuk dikirim ke hacker. Efek spyware akan menkonsumsi memory komputer sehingga komputer menjadi lambat atau hang Seperti halnya anti virus, anti spyware juga haruslah terupdate tiap saat dan memiliki fasilitas real time protection. Apapun anti spyware yang anda pakai, sebaiknya memiliki fasilitas di atas.

Yang terakhir yang perlu dimiliki yakni firewall yang akan melindungi dari tangan- tangan jahil di network anda. Jadi jika komputer anda hanya single alone, dipakai di rumah, maka firewall bisa diabaikan. Untuk firewall, anda bisa memakai bawaan windows, atau jika anda ingin yang lebih fleksible dan aman, anda bisa menggunakan firewall lain.Yang menjadi ancaman lain bagi komputer adalah:

1. Adware
2. Backdoor Trojan
3. Bluejacking
4. Bluesnarfing
5. Boot Sector Viruses
6. Browser Hijackers
7. Chain Letters
8. Cookies
9. Denial of Service Attack
10.Dialers
11.Document Viruses
12.Email Viruses
13. Internet Worms
14.Mobile Phone Viruses
15.Mousetrapping
16.Obfuscated Spam
17.Page-Jacking
18.Obfuscated Spam
19.Page-Jacking
20.Palmtop Viruses
21.Parasitic Viruses
22.Pharming
23.Phising
24.Potentially Unwanted Applications
25.Ransomeware
26.Rootkit
27.Share price scams
28.Spam
29.Spear Phising
30.Spoofing
31.Spyware
32.Trojan Horse
33.Viruses
34.Viruses Hoaxes
35.Voice Phising
36.Zombies

Agar Komputer kita kebal terhadap serangan teersebut maka  keamanan sistem perlu diperhatikan hal-hal berikut :

• Gunakan Software Anti Virus
• Blok file yang sering mengandung virus
• Blok file yang menggunakan lebih dari 1 file extension
• Pastikan semua program terverifikasi oleh tim IT di unit kerja masing-masing
• Mendaftar ke layanan alert email
• Gunakan firewall untuk koneksi ke Internet
• Uptodate dengan software patch
• Backup data secara reguler
• Hindari booting dari floopy disk
• Terapkan kebijakan Sistem Keamanan Komputer Pengguna

Kemudian sebagai kebijakan pengguna sistem keamanan computer kita juga harus memperhatikan hal-hal berikut :

• Usahakan tidak mendownload executables secara langsung dari Internet.
• Jangan membuka semua jenis file yang mencurigakan dari Internet.
• Jangan install game atau screen saver yang bukan asli dari OS.
• Kirim file mencurigakan via email ke admin setempat untuk dicek.
• Simpan file dokumen dalam format RTF (Rich Text Format) bukan *doc.
• Selektif dalam mendownload attachment file dalam email.
• Teruskan informasi virus atau hoax file ke admin setempat.
• Kontak kepada admin jika “merasa” komputer Anda kena gangguan virus.

Keamanan dan kerahasian data pada jaringan komputer saat ini menjadi isu yang sangat penting dan terus berkembang. Beberapa kasus menyangkut keamanan jaringan komputer saat ini menjadi suatu pekerjaan yang membutuhkan biaya penanganan dan pengamanan yang sedemikian besar. Sistem-sistem vital, seperti sistem pertahanan, sistem perbankan, sistem bandara udara dan sistem-sistem yang lain setingkat itu, membutuhkan tingkat keamanan yang sedemikian tinggi. Hal ini lebih disebabkan karena kemajuan bidang jaringan komputer dengan konsep open system-nya sehingga siapapun, di mananapun dan kapanpun, mempunyai kesempatan untuk mengakses kawasan-kawasan vital tersebut. Untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan pesan, data, atau informasi dalam suatu jaringan komputer maka diperlukan beberapa enkripsi guna membuat pesan, data, atau informasi agar tidak dapat dibaca atau dimengerti oleh sembarang orang, kecuali oleh penerima yang berhak. Pengamanan pesan, data, atau informasi tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan keamanan.

1 comment:

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Kontak:


mukhsinpro@gmail.com

Alexa Rank

Copyright