April 29, 2016

Mengumpulkan Receh Dari Internet



Tulisan kali ini saya ingin bercerita tentang uang receh. (Yes! Duit! Tapi kok hanya receh?) Karena uang recehlah yang didapatkan para kreator di internet. Bukan bayaran yang datang secara tiba-tiba seperti saat kamu menang lotre atau dapat undian.

Saat ini saya akan membahas para kreator di internet, baik itu Blogger, Youtuber, maupun App Development. Kenapa judulnya mengumpulkan receh dari penduduk di dunia? Karena kali ini saya akan menceritakan bagaimana para kreator bisa mengumpulkan uang dari setiap orang yang ada di dunia tanpa harus melalui jalur distribusi yang sangat rumit dan tentunya juga sangat mahal.

Inilah salah satu keuntungan kita hidup di zaman sekarang. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah walaupun hanya berada di dalam rumah. Di pandangan orang lain pasti Anda adalah seorang pemalas, menghabiskan waktu hanya berada dirumah bukan malah mencari lowongan kerja yang tersedia. Pokoknya siap-siap aja untuk dihakimi orang-orang. Tapi bukan tidak mungkin dompet Anda bisa menjelaskan semuanya. Hanya berada di rumah tapi tetap bisa dapat duit. Serius nih? Pasti orang-orang berfikiran kalau Anda ngepet atau bahkan memelihara tuyul.

Di zaman kayak gini masih nggak percaya? (terjun aja ke jurang). Sekarang banyak orang yang hanya berada di rumah tapi tetap bisa mengasilkan duit, yang kadang-kadang sama atau bahkan lebih besar daripada para pekerja kantoran yang rutinitasnya begitu-begitu saja.

Satu hal yang sangat berperan penting di zaman sekarang adalah internet. Pada saat ini bukan cuman Anda yang sedang menggunakan internet, di saat yang sama ada jutaan orang, bahkan milyaran orang yang sedang terhubung ke internet secara bersamaan.

Banyak di antara mereka pasti sedang membaca artikel, streaming video, buka media sosial, download file, main game, dan juga berjualan. Ada banyak yang bisa dilakukan di internet. Semua yang Anda lakukan itu semuanya gratis kan? (palingan cuman beli kuota internet aja atau ke cafe yang ada wifi gratisnya). Baca artikel gratis! Nonton video gratis! Download sesuatu gratis! Buka sosial media pun gratsi! Main game gratis! Loh kok bisa? Padahal zaman sekarang kan sudah nggak ada yang gratis, pipis aja ada yang pake bayar.

Saya rasa kalian pernah berfikir, para Blogger capek-capek menulis, Youtuber capek-capek membuat Video, Programmer capek-capek membuat software, dan Anda menikmati semua itu secara gratis! Apa untungnya buat para kreator itu? Mau dapat duit dari mana?

Nah, sumber penghasilan mereka itu rata-rata dari Adsense. Mereka mendapatkan duit karena menjadi publisher Adnsense. Masih ada yang belum tahu Adsense? Googling aja, saya nggak sempat ngejelasin itu buat kalian. Intinya Adsense itu berupa iklan yang bisa mereka pasang di blog mereka, channel Youtube mereka, dan aplikasi mereka. Bayarannya memiliki kisaran mulai dari $0.10 (sekitar Rp.1000) hingga yang paling mahal $50 (sekitar Rp.650.00) per klik iklannya. Para kreator ini mendapatkan penghasilan setiap ada yang melihat atau mengklik iklan tersebut.

"Cuman seribu rupiah, bahkan nggak cukup buat beli mie instan!". Helloooo... para kreator ini melayani banyak orang. Jadi semakin banyak yang melihat dan memakai fasilitas yang disediakan para kreator tadi, makin banyak pula penghasilan yang bisa didapatkan.

Kita sudah mulai belajar dari SD bahwa 10 dikali 1000 hasilnya akan 10.000, 100 dikali 1000 hasilnya 100.000, 1000 dikali 1000 hasilnya 1000.000, dan begitu seterusnya. Dan menurut data yang saya temukan di Google, penduduk dunia pada tahun 2013 sebesar 7.125 milyar jiwa. Jumlah yang sangat besar bukan?


Jadi tidak heran kalau sekarang ada orang yang nggak perlu kantor buat punya penghasilan. Hidup di zaman sekarang ini juga kita nggak bisa lagi berfikir bahwa yang namanya kerja itu harus dan hanya bisa dilakukan di kantor! Yang terpenting kalian bisa mengembangkan passion kalian dan menjadikan passion Anda sebagai ladang penghasilan.

Pada dasarnya kalian orang-orang yang menikmati konten para kreator adalah aset bagi para kreator. Tanpa kalian para kreator tersebut bukan apa-apa. Karena dalam prinsip ini visitor adalah sebuah tambang. Jadi bagaimana? Berminat ingin menghasilkan duit dengan seperti ini? Ayo mulai mengumpulkan receh dari penduduk dunia. Tapi dengan catatan, buat sebuah konten yang bermanfaat dan dapat menghibur.


26 comments:

  1. Moga nanti dapatnya ga recehan lagi ya tapi miliaran aaamiin...

    ReplyDelete
  2. berawal dari hobby untuk menjadi penulis di blogger lama kelamaan pasti akan mendapatkan manfaatnya semoga kita sesama blogger bisa saling kerja sama meraih uang hehe

    ReplyDelete
  3. benar gan,,,, adsense memang sumber penghasilan utama para blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain Adsense masih banyak lagi sumber penghasilan para blogger.

      Delete
  4. Tapi sebelum jadi kreator kan kita harus tau jenis usaha apa yang pas dan diterima untuk bisa kita kelola gan..
    Misalnya adsense, gak semua orang bisa diterima di adsense gan. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih banyak kok alternatif Adsense lainnya. Tapi disini saya hanya berbicara soal Adsense.

      Delete
  5. pengen juga deh kayak agan sudah diterima adsense huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin ngeposting aja dulu, ikuti syarat-syarat agar diterima jadi mitra Adsense.

      Delete
  6. Jadi, sudah dapat berapa mi, Mukhsin? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu rahasia publisher bu. Hehehe

      Delete
  7. mantap gan.. dari recehan dulu baru milyaran :v

    ReplyDelete
  8. Kalo ane kertas aja,receh terlalu berat wkwk
    Moviendofilm

    ReplyDelete
  9. wah blog mastah ternyata, ijin borkmark dulu hehe
    jangan lupa kunjungi Tips Semangat Dalam Ngeblog

    ReplyDelete
  10. Semoga bisa sukses dengan mengumpulkan receh

    ReplyDelete
  11. inspiratif, bisa memicu semangat nulis..

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.