April 8, 2016

Alasan Saya Senang Menulis


Kemarin saya sempat bertemu dengan pak Syahril Syam (yang duduk ditengah, belum kenal? Nantilah saya buat postingan lainnya). Beliau bercerita banyak tentang emosi, pola pikir, dan semuanya mengarah untuk kebahagiaan. Satu hal yang sempat disebutkan adalah cintai apa yang Anda kerjakan. Mendengar itu, saya langsung berpikir "kayaknya seru kalau saya menulis tentang alasan mengapa saya senang dengan menulis".

Jadi, dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi sama kalian tentang beberapa alasan saya senang menulis. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menginspirasi bagi kalian yang juga berkeinginan untuk menulis.

1. Indahnya Ketika Kita Bisa Berbagi


Alasan utama saya senang menulis adalah dengan melalui tulisan saya bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan. Siapapun Anda dan apapun bidang pekerjaan Anda, Anda selalu punya potensi untuk menulis. Bukan hanya melalui buku. Anda juga bisa menulis melalui blog (seperti saya), forum, atau media sosial. Misalnya Anda seorang dokter, kemudian Anda menulis di blog. Melalui blog tersebut Anda dapat mengedukasi orang-orang tentang kesehatan. Apalagi dalam menulis di blog, tulisan kita bahkan bisa dibaca di seluruh dunia.

Hal demikian juga yang saya alami saat menulis. Saya senang saat saya bisa berbagi kepada orang lain. Walaupun banyak tulisan saya yang menyangkut diri saya pribadi, curhatan-curhatan yang jelas tidak ada manfaatnya buat kalian (kecuali buat kalian baper), atau tulisan absurd saya yang sebenarnya saya persembahkan hanya untuk menghibur.

Dan sekarang ini, ada kesalahan berfikir tentang kota besar (seperti Makassar) dengan kota kecil. Orang-orang di Makassar banyak mendapatkan pengetahuan karena di Makassar ada banyak forum komunitas, ada banyak seminar, ada banyak workshop, dan berbagai lomba yang bisa dijadikan sarana belajar. Ditambah lagi kampus-kampus top pun banyak di Makassar.

Nah, melalui kegiatan menulis blog inilah kita semua bisa membantu menyalurkan pengetahuan dan informasi ke berbagai daerah. Ketika kita mempromosikan blog kita, apalagi yang berisikan ilmu pengetahuan (bukan curhatan gak jelas), maka kita telah membantu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa (ini bukan lebay kok).

Alangkah membahagiakannya ketika saya membaca testimoni pembaca blog saya dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan sebagainya. Ketika mereka merasa senang dengan konten yang saya bagikan, ketika itu pula saya merasakan kebahagiaan sebagai seorang penulis.

2. Memotivasi Untuk Terus Belajar


Jadi penulis itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Semenjak saya konsisten untuk menulis, saya semakin sering banyak baca buku. Dari bacaan tersebut saya berfikir kalau tulisan saya ini memiliki banyak kekurang. Berkat itu, saya semakin memiliki motivasi untuk belajar.

Bagaimana cara membuat tulisan yang lebih bagus lagi., banyak cara yang saya lakukan. Selain sering membaca buku, saya juga bisa belajar dari orang lain. Baik itu diskusi kecil ataupun ikut kegiatan atau kelas seputar dunia menulis. Lama kelamaan juga ilmu yang kita dapatkan akan semakin bertambah.

3. Menyenangkan Ketika Kita Bisa Mendapatkan Pendapatan


Selain menyalurkan hobi menulis, kegiatan menulis ini juga merupakan salah satu bisnis yang saya tekuni. Selama saya bergelut dunia blogging, lama-kelamaan saya mengerti tentang bagaimana cara menghasilkan uang lewat blog.

Melalui blog saya mengajukan diri sebagai mitra Google Adsense, dan hasilnya saya diterima. Walaupun penghasilannya tidak seberapa sih, sistemnya kayak ngumpulin receh gitu. Apalagi traffic blog saya yang bisa dibilang masih sangat rendah. 99% yang buka blog saya adalah saya sendiri (Ini dulu! Sekarang yah... Haha). Tapi untuk saat ini saya tidak berfokus pada pendapatan itu, saya lebih terfokus pada bagaimana menulis dengan baik.

Satu prinsip yang saya pegang saat ini, "Setiap kerja keras akan terbayarkan. Uang, perhargaan, dan pujian, itu semua adalah bayaran atas kerja keras yang kita lakukan."

3. Sebagai Personal Branding


Alasan ketiga adalah personal branding. Pertanyaan sederhana: Anda ingin dikenal sebagai apa?

Dari kegiatan menulis blog ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk membangun personal branding. Walaupun branding lewat buku fisik masih tetap lebih ampuh dan berkesan (doakan saya semoga cepat menyelesaikan sebuah buku). Personal branding ini juga pastinya sangat dibutuhkan bagi orang yang berkarir di perusahaaan atau memulai bisnis sendiri.

Karena alasan satu inilah saya bisa semakin tekun untuk menulis. Kegiatan menulis ini juga sekaligus menjadi sebuah investasi bagi diri saya pribadi. Dengan personal brand yang baik, mudah-mudahan karir saya kedepannya juga semakin baik.

4. Media Publikasi

Menulis itu juga merupakan sebuah cara berkomunikasi. Melalui tulisan-tulisan yang kita buat, kita berkomunikasi dengan publik (dengan banyak orang). Nah, menulis blog inilah juga merupakan salah satu cara mempublikasikan profil Anda.

Ketika Anda menulis blog, Anda sudah melakukan langkah sederhana dalam mempublikasi. Ketika publik membaca tulisan Anda, dari situlah juga Anda bisa dikenal. Berkat blog juga saya semakin punya banyak kenalan, baik sesama blogger ataupun sekedear pembaca blog saya.

Dan di masa depan juga nanti, kita bisa kembali melihat tulisan kita di masa lalu. Sejenak bernostalgia. Mengingat-ngingat kembali berbagai kisah, perjalanan, perasaan, yang kita alami dulu.

*

Itulah beberapa alasan saya senang menulis. Apapun yang memotivasi Anda untuk menulis, pastikan Anda tetap tekun dalam menulis. Karena dengan menulis, Anda sudah melakukan hal yang baik bagi sesama. Melalui sebuah tulisan ini, Anda dapat mengedukasi dan berbagi inspirasi. Itu kan sudah jelas, Anda menebar sebuah manfaat. Jadi buat kalian, apa alasan kalian juga, kenapa kalian mencintai perkerjaan yang anda lakukan?

28 comments:

  1. wih mantab ganget tuh kata kata yang pertama

    ReplyDelete
  2. keren mas, keep blogging...semangatt :)

    ReplyDelete
  3. Saya suka tuh kang sama nomer 1, kata-katanya itu yang membuat saya suka, mantappp gannn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ngeblog itu harus dari hati juga yah.

      Delete
  4. Alasan kita kok sama ya gan..? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kita ada kecocokan. :D :V

      Delete
  5. Kalo males ngeblog bisa ingat" ini nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rajin" aja berkunjung balik.

      Delete
  6. Alasan yang sangat menarik gan, lanjutkan terus karya tulismu...

    ReplyDelete
  7. Saya juga senang nulis gan, makanya ane ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena sekarang orang lebih sering baca sesuatu dari internet.

      Delete
  8. saya juga lagi belajar nulis nih gan,tulisan ane yang ada di blog masih kaku .__.
    pengen sempurnain tulisan aja rasanya susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya sih banyak-banyak belajar juga membaca dan nantinya tulisan kamu akan menjadi lebih baik lagi.

      Delete
  9. Perasaan sudah komen tadi ... inet lelet, baru liat lagi ternyata tidak ada ...


    Mau bilang kalau Mukhsin sudah dapat motivasi. Itu bagus. Tinggal dilanjutkan dan dinikmati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah yang dibutuhkan, melanjutkan dan menikmati proses itu. Right!

      Delete
  10. Yup setuju banget sama yang terakhir, sebagai media publikasi!
    Kapan lagi bisa publikasi karya kita secara geratis dan berbasis networking :)
    tinggal pintar-pintar aja gimana ngegunainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itulah yang sering aku lihat "Internet Positif". :D

      Delete
  11. haampir sama kaya saya :v namun bila sudah ditolak adsense rasanya ga nafsu nulis wkwkwkwk,nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adsense bukan segalanya kalau mau dapat penghasilan dari blog.

      Delete
  12. Saya Mulai menulis sejak .... SD, di tanah. Waktu kena marah sama emak. atau kalau abis ujan ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu juga pasti tipe orang yang suka nulis-nulis di pasir pantai kan?

      Delete
  13. hampir sama kaya saya min alasan untuk menulisnya

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Find me on Twitter:

Alexa Rank

Copyright