January 14, 2016

Menjadi Penulis Blog


Menjadi seorang penulis itu gampang, apalagi kalau cuman mau nulis di blog. Daftarnya pun gratis, gak perlu antri, gak perlu desak-desakan dan gak ribet tentunya (tapi dengan syarat kalian harus ada koneksi internet). Tahu internet kan? Kalau gak tahu gimana caranya kalian baca postingan saya!

Ya, tadi saya sudah mengatakan kalau menjadi penulis itu gampang. Iya, yang kalian lakukan itu ya nyatet atau nulis (super sekali). Sekarang pun sudah ada komputer atau laptop, jadi bagi kalain yang punya tulisan jelek (maaf), itu bisa membantu Anda.

Nah, yang susah itu hanyalah bagaimana kita bisa menyampaikan apa yang sudah terfikirkan oleh otak dan menjadikannya sebuah tulisan yang mampu diterima oleh orang. Dan tidak jarang ketika kita sudah dapat inspirasi tentang apa yang akan kita tulis, tapi setelah kita siap untuk memulai, malah  ngeblank. This is Kampret Moment.

*** 
Nah, pada artikel kali ini, saya ingin sedikit berbagi dengan kalian bagaimana cara menjadi penulis di blog yang baik. Apalagi sekarang sudah banyak editor yang suka blogwalking untuk mencari penulis-penulis baru. (Ngarep ada editor yang liat terus diterbitkan).

Untuk menjadi penulis tentulah kalian harus rajin membaca, itu adalah makanan pokok para penulis. Bahkan banyak penulis hebat karena mereka adalah seorang pembaca yang rakus. Dengan membaca, secara gak sadar pengetahuan kita bertambah. Perlahan-lahan skill menulis kalian yang dulunya bagus (copy paste), jelek, gak jelas akan berkembang menjadi sebuah tulisan yang bagus (no copy paste).

Jenis tulisan kalian itu terlahir dari apa yang Anda baca. Seperti  seorang anak yang terlahir di dunia ini akibat ulah (kesannya kasar banget) orang tuanya pasti akan memiliki kemiripan. Jadi, kalau pun ada orang yang bilang tulisan kamu mirip si dia, biarlah (orang lain punya hak untuk menilai kamu). Lagi pula itu gaya tulisan kamu sendiri yang cuma agak mirip dengan apa yang sering kamu baca.

Inspirasi itu bisa datang kapan saja dan dimana saja, dan mudah untuk dilupakan. Kayak mantan yang udah datang dan pergi seenaknya, tapi bedanya mantan susah dilupakan. (Jangan baper dulu). Di saat inspirasi itu mulai datang, segara catat poin pentingnya. Nah, dari situ kita bisa mengembangkan dan menciptakan gaya tulis kita sendiri dan gak meniru orang lain.

Hal yang bisa dilakukan adalah sering membawa note untuk mencatat. Ngak usah yang ribet-ribet, bahkan sekarang sudah tersedia note di hanphone. Sekalipun kalian gak punya, banyak tempat yang bisa kalian tempati untuk menulis, misalnya di kertas kecil, meja, tembok, atau bahkan di jalanan sekalipun. Pokoknya yang penting nyatet!

Dan untuk kalian para blogger, jangan terlalu sering publikasikan tulisan kalian. Kenapa jangan tiap hari kayak status facebook, karena bikin capek men! Minimal sekali dalam seminggu, dua kali dalam seminggu, atau kalau bisa buat jadwal biar para pembaca tahu kapan ada postingan baru. Dan juga demi kalian agar gak kehabisan ide untuk menulis Tapi, bukan berarti kalian tiap hari gak boleh nulis, masukkan saja dulu dalam draft blog, dan kalau sudah saatnya, tinggal kalian publish.

Tapi usahakan untuk baca kembali, edit tulisan kalian menjadi lebih matang, padatin materinya, dan meminimalisir kata-kata yang salah. Ya kalau sudah terasa cocok segera publikasikan.

Nah, gampang kan untuk menjadi seorang blogger. Kalau ada cara kalian yang berbeda, silahkan berkomentar, karena ini cara saya sendiri.

107 comments:

  1. bener banget kuncinya menulis itu membaca
    kadangr kalo membaca ada aja inspirasi yg didapat
    ngomong soal inspirasi, inspirasi itu kalo dicaaari rada susah eh tiba2 dateng sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantappp banget info nyaaa... kunjungi juga ya bro.. http://situspialaeropa2016.blogspot.com/2016/01/bandar-bola-bola54-piala-eropa-2016.html

      Delete
  2. Mau jadi penulis blog atau penulis apapun, modal utamanya ya nulis itu..
    wkwkw

    aku udah follow..udah folbek belom? hihi

    ReplyDelete
  3. bener sekali mukhsin.. semakin banyak kita baca berbagai sumber.. makin unik juga tulisan kita. yeah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rajin-rajin membaca yah.

      Delete
    2. udah2 jangan berantem.. share info aja bro.. kunjungi ya bro.. http://situspialaeropa2016.blogspot.com/2016/01/bandar-bola-bola54-piala-eropa-2016.html

      Delete
  4. Gampang kok bro, cukup membaca, menggali ide, nulis lagi deh...

    ReplyDelete
  5. thanks gan... ane jadi salah pokus mah tuh cewe :D

    ReplyDelete
  6. tetap semangat gan dalam menulis artikel selanjutnya, jangan lupa berkunjung jug ke http://sht-it.blogspot.com, siapa tahu bisa dapat inspirasi

    ReplyDelete
  7. aq bukan penulis... tpi pengCopas hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting tahu tata krama kalau copas, taruh link sumbernya yah.

      Delete
  8. gaya bahasanya enak. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, bahasa yang gue pake bahasa sehari-hari sih.

      Delete
    2. udah aku follow bro. jika berkenan folbek yah

      Delete
    3. gw ikutan dongs http://situspialaeropa2016.blogspot.com/2016/01/bandar-bola-bola54-piala-eropa-2016.html

      Delete
  9. semoga bisa sukses di duia blogging and always bagi bagi triknya gan.hehe

    ReplyDelete
  10. kunci dari menulis adalah membaca dan kunci dari berbicara adalah mendengar. memulai belajar menulis sejak dini amerupakan hal yang sangat bagus. setelah membaca tips menulis ala kang mukhsin jadi menambah ketertarikan menulis, jika sempat mohon kunjungi tulisan saya di http://5blends.com/contoh-surat-lamaran-kerja-email/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yah mas, mohon bimbingannya.

      Delete
  11. Lanjutkan Bro Kita bersama sama meraih kesuksesan di blogger

    ReplyDelete
  12. keren gan tulisannya, ane mah kyanya gak bisa bikin tulisan kya gtu :D

    ReplyDelete
  13. artikelnya keren gan, tapi lebih keren lagi template blog ente tuh ajib banget

    ReplyDelete
  14. keren gans walaupun cape jadi penulis blog tapi tetap semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, jalani dengan setulus hati..

      Delete
  15. Yups, menulis itu perlu membaca dulu. Takkan ada penulis yang handal tanpa ia terlebih dahulu banyak membaca dan menggali ilmu :)

    ReplyDelete
  16. Peetahankan menjadi penulis blog bro. Insyaallah pasti ada kemudahan

    ReplyDelete
  17. yes, menulis itu ya berkarya selama kita mau menghargai karya orang, karya kita bakal dihargai. owh ya kadang butuh niat yang super kuat juga buat nulis lhoo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro, menjadi penulis itu susah (perasaan di artikelnya saya bilang gampang). :D

      Delete
  18. Teruslah menulis dan kau akan menemukan kekhasan dari gaya penulisanmu... semangaaaaat!

    ReplyDelete
  19. betul sekali sebuah inspirasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Lanjutkan klo itu membuat mu senang gan,ekwk

    ReplyDelete
  21. keren nih gan..... kuncinya sabar gan.... teruskan postingan mu

    ReplyDelete
  22. Ane kurang suka baca, pantesan susah kalo bikin tulisan.. nice info deh

    ReplyDelete
  23. Keren Tulisannya dan mudah dipahami. Lanjutkan Bang

    ReplyDelete
  24. Memang Benar Sihh Gan Mambaca Dapat Menginspirasi , Tapi Kata" Guru" Di Sekolah Lebih Menginspirasi :D , Ane Nulis Artikel Terinspirasi Dari Kata" Pak Guru :V , Tapi Membaca Juga Dapat Terinspirasi , Infonya Bagus Juga Gan :D

    ReplyDelete
  25. nice gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali bagi saya dan semoga menjadi terdepan :D

    ReplyDelete
  26. saya baca2 termasuk yg komen , ada beberapa komen yg bikin ngakak gan.. :D hehe jadi penulis gampang2 susah gan.. :D yg susah tuh bikin SEO jozz :D

    ReplyDelete
  27. wah bagus nih blognya jarang ada blog yang menceritakan kisah hidupnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok, tapi mungkin barusan gue yg lo liat.

      Delete
  28. sangat cocok buat dijadikan referensi ketika menulis nih

    ReplyDelete
  29. Selain membaca, untuk mencari inspirasi juga perlu punya banyak teman yang bisa bertukar pikiran dan banyak jalan-jalan untuk melihat kondisi yang berbeda-beda. (Maklum, punyanya blog jalan-jalan.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih. Harus melihat di sekeliling juga, apa yang trend, apa yang baru, dan apa yang dibutuhkan oleh pembaca tentunya.

      Delete
  30. betul, mau nulis ya harus rajin baca, nice info gan

    ReplyDelete
  31. Kreatif sekali,, maju terus mas bro

    ReplyDelete
  32. menjadi penulis itu mempunyai 2 tugas yaitu membaca dan menulis, betulkan?. hehe

    ReplyDelete
  33. Jadi merasa termotivasi gan!! Nice artikel 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, jangan pernah merasa menyerah. Hidup Blogger!

      Delete
  34. Nice post

    Kalau saya hanya berdasarkan pengalaman saja bro :D

    ReplyDelete
  35. Blog merupakan sarana yang amat bagus untuk seseorang yang sedang mencari pekerjaan, termasuk para fresh graduate. Lewat blog, kita bisa menyimpan hasil karya kita yang bisa berupa tulisan atau foto.
    Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak cara untuk membangun karier. Salah satunya, dengan memiliki akun di salah satu situs jejaring sosial, seperti blog. Bagi Anda yang ingin mengembangkan karier atau bagi para sarjana yang baru saja lulus atau fresh graduate, blog merupakan sarana yang amat bagus untuk menjadi media menuangkan ide, yang dulu mungkin sulit untuk diekspresikan.

    Bukan cuma itu, blog juga bisa menjadi wadah memamerkan hasil karya seni dan tulisan, berbagi informasi, bahkan untuk memperluas jaringan atau networking. Dengan isi dan pengelolaan yang baik, tak heran banyak orang yang meraih kesuksesan lewat blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. MANTAP! Semoga sih para blogger baru kayak saya bisa konsisten kedepannya.

      Delete
  36. wahhh mantaf nih , jadi terinspirasi :D

    ReplyDelete
  37. intinya jadi penulis susah2 gampang, atau sebaliknya. kadang susah ngumpulin moodnya ajaaa...

    ReplyDelete
  38. jadi penulis emng gmpang kalo ada inspirasinya :D

    ReplyDelete
  39. This is not about money, but its about hati and Hobby ... :)

    ReplyDelete
  40. Mantap gan ceritanya memotivasi para blogger awam

    ReplyDelete
  41. Semangat ngeblog nya ^_^
    Jangan patah semangat kalau menemukan kesulitan

    ReplyDelete
  42. Bener tuh menjadi penulis blog memang butuh usaha yg besar.. Mau membaca dan teliti..

    ReplyDelete
  43. Tulisannya bagus, sarannya juga bagus, tapi yang ngasih saran sendiri masih banyak typo dan nggak meratiin preposisi kata, Yawla. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasalah.. Hehehehe
      Makasih koreksinyas bro. :)

      Delete
  44. Semua orang mempunyai karakter yang berbeda, begitupaun dalam menulis. Dan Menurut saya menulis akan lebih gampang dan kelihatan unik kalau menggunakan perasaan (menulis dairy) atau sesuai pengalaman, kareana menggunakan bahasa dan gaya tulisannya sendiri. pengalaman saya pernah membuk beberapa dairy teman, dan sdr saya yang masih SMP dan meraka tidak suka membaca juga tidak hobi menulis tetapi tulisannya bagus, mengena banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah keajaiban jika kita menulis dengan hati.

      Delete
  45. Bismillah.....
    kak, jika Allah masih menyediakan waktu,, kami tunggu kakak untuk memberikan motivasi dan berbagi ilmu dengan kami..!!
    @MAN POL-MAN

    ReplyDelete

Jika berkunjung ke blog saya jangan lupa untuk meninggalkan sebuah komentar. Terserah kalian mau ngomong apa yang penting masih dalam batas wajar.

About Me

Blog personal milik Mukhsin, kandidat sarjana yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar.

Kontak:


mukhsinpro@gmail.com

Alexa Rank

Copyright